Reza Gunawan, Suami Dee Lestari Dikenal Sebagai Pakar Holistik

ADVERTISEMENT

Reza Gunawan, Suami Dee Lestari Dikenal Sebagai Pakar Holistik

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 06 Sep 2022 15:32 WIB
Reza Gunawan dan Dewi Dee Lestari
Reza Gunawan, suami dari novelis Dee Lestari meninggal dunia. Foto: Instagram @rezagunawan
Jakarta -

Kabar duka menimpa keluarga Dee Lestari. Suami penulis Rectoverso, Reza Gunawan, meninggal dunia di usia 46 tahun setelah mengalami stroke dan sempat dirawat di rumah sakit.

Reza Gunawan yang lahir pada 21 Januari 1976, dikenal sebagai seorang pakar penyembuhan holistik. Dia kerap membuat acara dan bimbingan mengenai pengobatan cara holistik tersebut.

Sebelum terjun sebagai ahli pengobatan, Reza Gunawan pernah bekerja di bidang perbankan dan pasar modal. Setelah resign, sarjana ekonomi di Universitas Indonesia sempat mengenyam pendidikan ilmu akupuntur dan mempelajari penyembuhan secara formal sejak awal dekade 2000-an.

Reza Gunawan pun mendapatkan izin praktik, belajar soal meditasi, dan yoga. Dia pun mendirikan klinik bernama Klinik True Nature Holistic Healing. Di klinik tersebut, Reza mengajarkan teknik penyembuhan seperti CranioSacral, Jin Shin Jyutsu, Clinical Hypnotherapy, dan Energy Psychology.

Ucapan duka mengalir deras dari seleb Tanah Air sampai murid-murid yang pernah mendapatkan bimbingan dari mendiang Reza Gunawan.

Melaney Ricardo juga salah satu yang pernah mengikuti seminar holistik Reza Gunawan. Dalam unggahannya, ada 2 perkataan suami Dee Lestari yang masih diingatnya.

"Banyak banget kata-kata kamu yang begitu 'mengena'. Ini 2 di antaranya," tulis Melaney Ricardo. Kata-kata tersebut adalah 'mantra waras: tidak semua hidup kita perlu jadi konten' serta 'Hidup kita bukan sesi foto'.

Kurator seni independen, Mia Maria, juga pernah mengenyam ilmu holistik dari Reza Gunawan.

"Thank you for teaching me true strength. That part of you that you shared with me will always be my internal anchor. I am thankful I get to see you one last time that Sunday 10 days ago. I know you knew I was there. You moved. I touched your knee," tulis Mia.

Penulis naskah Jenny Jusuf juga masih ingat betul perkataan bermakna dari mendiang Reza Gunawan.

"Kamu sudah di tempat yang lebih baik, jauh lebih indah, aku tahu. Tapi air mata ini nggak bisa berhenti mengalir. Nggak apa-apa kan, ya? Seperti kamu selalu bilang, sadari, terima, peluk semua rasa yang hadir, dan lepaskan ketika tiba waktunya ia berlalu," tulisnya.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Upacara Keagamaan untuk Jenazah Reza Gunawan di Rumah Duka Pluit"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT