Dituding Pencitraan, Ini Niat Kak Seto Lindungi Anak Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Round Up

Dituding Pencitraan, Ini Niat Kak Seto Lindungi Anak Ferdy Sambo

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 28 Agu 2022 08:02 WIB
Seto Mulyadi
Kak Seto (Foto: 20detik)
Jakarta -

Kak Seto memberikan pendampingan perlindungan psikologis untuk tiga anak Irjen Ferdy Sambo. Ia bahkan sudah meminta izin saat kunjungannya ke Mako Brimob, beberapa waktu lalu.

Kedatangannya saat itu sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia. Ia datang bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Kak Seto mengingatkan kepada Polri untuk tidak melupakan anak-anak Ferdy Sambo.

"Beliau terharu sekali dan sempat meneteskan air mata, kemudian terima kasih dan sangat senang. Artinya, sama juga titip mohon kalau misalnya berkenan mendampingi memberikan perlindungan psikologis, karena goncangan ini kan dialami anak-anak yang mengalami pem-bully-an dari netizen dan sebagainya," kata Kak Seto beberapa waktu lalu.

Ferdy Sambo kepada Kak Seto berharap dua anaknya yang bercita-cita jadi polisi tetap bisa mewujudkan keinginannya itu. Kak Seto juga berencana ingin ke Magelang menemui anak-anak Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi pada 31 Agustus 2022.

Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi juga masih mempunyai anak yang berusia 1,5 tahun. Kak Seto menyarankan agar Putri kelak tak dipisahkan dari anaknya itu.

"Itu yang kami sarankan agar tidak dipisahkan dari ibunya ini, pernah kami sarankan pada waktu anaknya mbak Angelina Sondakh. Antara satu, sementara ibunya bisa mendapat tahanan rumah atau kedua, di tempat lembaga pemasyarakatan ya disediakan tempat yang khusus untuk bisa mengasuh bayinya. Untuk kepentingan terbaik bagi anak yang masih bayi dekat atau diasuh ibunya secara langsung," kata Kak Seto.

Langkah itu mendapat kritikan dari Arist Merdeka Sirait sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak. Ia mengatakan sebaiknya Kak Seto tidak mengambil keuntungan dari kasus ini.

"Jangan pencitraan," ungkap Arist Merdeka Sirait kepada detikcom.

Menurut Arist Merdeka Sirait, anak-anak Ferdy Sambo tak seharusnya menjadi fokus dari LPAI karena masih memiliki keluarga besar yang masih dapat memberikan pengasuhan dan perlindungan.

Arist Merdeka Sirait lebih menyarankan adanya keluarga Irjen Ferdy Sambo dan Putri yang juga ikut turun tangan.

"Sebab anak-anak Sambo bukanlah anak yatim piatu. Anak-anak Sambo, anak dari keluarga besar, ada kakek dan nenek, kakak, paman dan bibi," ujar Arist Merdeka Sirait.



Simak Video "Kak Seto Bakal ke Mako Brimob untuk Temui Ferdy Sambo"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT