Iklan Terbaru Hrithik Roshan Dinilai Lecehkan Umat Hindu

ADVERTISEMENT

Iklan Terbaru Hrithik Roshan Dinilai Lecehkan Umat Hindu

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 22 Agu 2022 20:42 WIB
Bollywood actor Hrithik Roshan attends the press conference for Amazon upcoming American fantasy television series The Lord of the Rings: The Rings of Power in Mumbai on August 18, 2022. (Photo by Sujit JAISWAL / AFP) (Photo by SUJIT JAISWAL/AFP via Getty Images)
Foto: AFP via Getty Images/SUJIT JAISWAL
Jakarta -

Hrithik Roshan sedang disorot karena sebuah kontroversi. Iklan yang dibintanginya untuk sebuah brand layanan pesan-antar makanan dikritik gegara dinilai menyinggung umat Hindu.

Belum lama ini, Hrithik Roshan jadi bintang iklan Zomato India. Dalam promo tersebut, sang bintang mengutarakan kalimat yang kemudian diprotes oleh seorang pendeta di kuil Ujjain Mahakaleshwar. Alasannya, naskah iklan tersebut disebut menyinggung nama tempat ibadah tersebut.

Mahesh, pendeta di kuil itu, menyebutkan bahwa pihak mereka merasa tersakiti dengan konten iklan Hrithik Roshan dan Zomato. Dalam naskah iklan itu, Hrithik Roshan menyebut Ujjain dan Mahakal yang merupakan dua kata yang sama dengan nama kuil.

"Mahaakal adalah dewa yang kami sembah. Mahaakal bukan pelayan dan tidak mengantar makanan. Perusahaan ini telah membuat publisitas yang melenceng tentang kuil Mahakal dalam iklan mereka. Masyarakat Hindu itu toleran dan tidak melakukan kekerasan. Kalau komunitas lain, mungkin perusahaan ini sudah berantakan," katanya dalam sebuah pernyataan dikutip dari Indian Express pada Senin (22/8/2022).

Nama Hrithik Roshan terseret karena dia bintang dalam iklan itu. Namun Zomato sebagai perusahaan yang membuat iklan sudah mengeluarkan permohonan maaf mereka. Zomato mengklarifikasi referensi yang digunakan dalam iklan bukanlah kuil yang dimaksudkan oleh sang pendeta.

Meski begitu, iklan yang dipermasalahkan sudah tak lagi tayang dan ditarik dari peredaran. Belum ada pernyataan resmi dari pihak Hrithik Roshan soal ini.

"Kami dengan sepenuh hati menghormati keyakinan orang-orang Ujjain. Iklan ini sudah tidak dilanjutkan lagi. Kami tidak bermaksud untuk menyakiti keyakinan siapapun dan kami minta maaf karena hal itu," ujar perwakilan Zomato lewat media sosialnya.

Sementara itu di kabar berbeda, Hrithik Roshan baru-baru ini menghadiri perilisan serial The Rings of Power di India. Sang aktor mengakui bahwa salah satu karyanya yakni waralaba Krrish terinspirasi dari The Lord of The Rings yang disaksikannya sebelum produksi film tersebut dimulai.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT