ADVERTISEMENT

MerdekaAlaSeleb

Internet Cepat Dinilai Dapat Bantu Masyarakat Merdeka Akses Media Baru

Erika Dyah - detikHot
Rabu, 17 Agu 2022 21:36 WIB
MerdekaAlaSeleb
Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta -

Makna merdeka tak terbatas dari belenggu penjajahan saja. Namun juga bisa dimaknai sebagai kebebasan untuk mengakses informasi dengan cepat tanpa kendala, tentunya secara bertanggung jawab.

Dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, Ketua KPI Pusat Agung Suprio mengungkap sejumlah makna kemerdekaan baginya. Khususnya terkait cara mengakses media, baik itu media konvensional maupun media baru, di tengah masyarakat.

"Makna kemerdekaan buat saya adalah di mana masyarakat dapat menikmati siaran TV dengan bersih dan jernih. Lalu dapat menikmati akses media baru yang cepat tanpa kendala, itu adalah kemerdekaan," ungkap Agung dalam keterangannya, dikutip Rabu (17/8/2022).

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa waktu belakangan pemerintah mulai menggencarkan peralihan siaran TV analog ke TV digital. Pasalnya, transformasi penyiaran di era digital dengan menggunakan perangkat digital ini dinilai memiliki banyak manfaat. Termasuk juga menyediakan tempat untuk meningkatkan layanan internet.

Menurut Agung, Indonesia memiliki 'langit' yang sangat luas dengan banyaknya frekuensi.

"Ini yang belum dikelola dengan baik oleh bangsa ini. Dengan mengelola frekuensi dan langit yang baik, kita akan memiliki internet yang sangat cepat. 5G bahkan bisa 6G," ujar Agung.

Tak hanya menghasilkan internet cepat, menurutnya ketersediaan fasilitas pendukung akses yang dikelola dengan baik juga bisa menciptakan kolaborasi yang sangat efektif dan efisien, serta membuka lapangan pekerjaan yang sangat banyak.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT