ADVERTISEMENT

Banding Doddy Sudrajat Ditolak, Hak Perwalian Gala Tetap di Haji Faisal

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 05 Agu 2022 18:03 WIB
Haji Faisal saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.
Haji Faisal saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Foto: Ahsan/detikHOT
Jakarta -

Banding Doddy untuk hak perwalian dari anak Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky Andriansyah ditolak oleh Pengadilan Tinggi Agama.

Oleh karenanya, hak perwalian atas Gala Sky Andriansyah tetap ada di tangan Haji Faisal.

Putusan majelis hakim dibacakan ulang oleh kuasa hukum Faisal, Sandy Arifin kepada awak media.

"Untuk mengadili yang pertama menyatakan permohonan banding yang diajukan oleh pembanding agar dapat diterima. Standarnya. Kemudian menguatkan putusan pengadilan agama Jakarta barat nomor 33 15 pengadilan tinggi / 2021 PAJB tanggal 13 April 2022 bertepatan tanggal 11 ramadhan 1443 H dengan perbaikan amar sehingga amar putusan berbunyi sebagai berikut," kata Sandy Arifin saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Jumat (5/8/2022).

Selain menolak eksepsi dari Doddy Sudrajat, majelis hakim juga menetapkan Gala Sky sebagai anak yang belum dewasa dan belum melakukan perbuatan hukum yang artinya masih memerlukan seorang wali.

"Menolak eksepsi tergugat, mengabulkan gugatan para tergugat seluruhnya. Kedua menetapkan anak bernama Gala Sky Andriansyah bin Febri lahir di Jakarta tanggal 14 Juli 2020 sebagai anak yang belum dewasa yang belum mampu melakukan perbuatan hukum," ucap Sandy Arifin.

Oleh karena itu, majelis hakim menetapkan Haji Faisal dan Dewi Zuhriati yang merupakan kakek dan nenek Gala Sky yang bertanggung jawab mengasuhnya hingga dewasa.

"Ketiga menetapkan penggugat satu H Faisal bin H Bakar sebagai wali dari anak Gala Sky Adriansyah bin Febri Andriansyah dan selaku wali dapat mewakili anak yang belum dewasa tersebut mengenai segala perbuatan hukum di dalam pengadilan," ujar Sandy Arifin.

Terakhir, majelis hakim juga memutuskan hak perwalian Gala Sky jatuh ke tangan Haji Faisal.

"Keempat menetapkan anak bernama Gala Sky Andriansyah bin Febri Andriansyah lahir di Jakarta tanggal 14 Juli 2020 berada di bawah pengasuhan para penggugat Haji Faisal (Haji Bakar) Ibu Dewi Zuriati Bin Haji Zumir sebagai kakek nenek anak tersebut dari pihak ayah dengan tetap kewajiban memberikan akses terhadap tergugat sebagai kakek dari ibu anak tersebut," pungkas Sandy Arifin.

Mendengar majelis hakim menolak gugatan dari sang besan, Haji Faisal bersyukur jika sang cucu tetap berada dalam perwaliannya.

"Ya saya tentu bersyukur dan berterimakasih yang mengusahakan cucu Gala saya ini tetap berada di kami. Kami akan menjaga mendidik cucu ini hingga dewasa nanti," ucap Haji Faisal.

Lebih lanjut, ia juga berharap Doddy Sudrajat tak mengambil upaya hukum selanjutnya dan menerima keputusan dari Pengadilan Tinggi ini.

"Harapan saya cukup lah sampai sini," harap Haji Faisal.



Simak Video "Syarat Haji Faisal untuk Doddy Sudrajat Jika Ingin Bertemu Gala"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT