Rima Melati Si Intan Berduri

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 23 Jun 2022 18:10 WIB
Rima Melati
RIma Melati saat ditemui di sebuah acara. Radian/detikcom
Jakarta -

Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka setelah kehilangan salah satu aktris terbaik yakni Rima Melati. Wanita kelahiran 22 Agustus 1937 itu sebenarnya memiliki nama asli Marjolien Tambajong, keturunan dari Belanda dan Minahasa.

Nama Rima Melati sendiri merupakan pemberian dari Presiden Soekarno pada awal 1960-an. Kala itu namanya dianggap kebarat-baratan dan dipilihkan nama baru yang kemudian digunakannya hingga akhir hayat.

Tak hanya itu saja, saat bersekolah di SD Kebangkitan Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS) dan sekelas dengan Presiden Abdurrahman Wahid atau yang biasa dikenal dengan nama Gus Dur.

Dunia seni lekat dengan keluarga Rima Melati, namun ia awalnya tak memilih seni peran sebagai jalan hidupnya. Pilihan pertama justru jatuh ke seni musik. Bersama dengan Baby Huwae, Gaby Mambo dan Indriati Iskak, ia sempat membentuk grup vokal wanita bernama Baby Dolls.

Dari sana lah dirinya baru mendapatkan tawaran untuk terjun ke dunia film lewat Kasih Tak Sampai (1961). Setelahnya ia pun mulai keranjingan hingga berakting dalam sepuluh film dalam kurun waktu dua tahun saja. Karirnya pun makin moncer hingga beberapa kali tampil di TVRI.

Rima Melati sempat absen selama beberapa tahun dari dunia hiburan dan kembali lagi pada awal 1970. Era inilah yang dianggap sebagai masa keemasan dari sang aktris di mana ada satu film yang paling melekat dengan sosoknya yakni Intan Berduri (1972). Pada film tersebut Rima beradu peran dengan Benyamin Sueb.

Keduanya menjadi pasangan suami-istri yang miskin dan hanya mencari nafkah lewat mencari ikan di sungai. Sampai suatu ketika tak sengaja mereka menemukan intan di jebakan ikan tersebut. Keduanya pun menjadi kaya raya namun sayangnya kembali miskin setelah diketahui bahwa intan tersebut masih terlalu muda.

Poster film Intan Berduri.Poster film Intan Berduri. Foto: Dok. Ist

Lewat film tersebut ia pun menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 1973 sementara Benyamin S juga meraih kategori yang hampir sama. Dari sana puluhan film lainnya pun dimainkan oleh Rima Melati hingga akhirnya sepeninggalan sang suami, Frans Tumbuan pada 2015.

Setelahnya semangat hidup Rima pun seolah menghilang. Dalam sebuah wawancara usai pemakaman Frans pun ia sempat berujar jika dirinya ingin segera menyusul sang suami.

"Waktu itu saya benar-benar mau ikut, saya nggak bisa hidup sendiri. Dia setiap mau tidur selalu cium saya, selalu cium bibir saya. Apalagi belakangan ini," kisahnya saat ditemui di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"Sama sekali nggak ada perasaan kalau dia mau ninggalin saya begitu cepat," tegasnya.

Kini Rima Melati telah tiada setelah sempat dirawat di ICU RSPAD Gatot Subroto. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (23/6) pukul 15.25 WIB setelah menjalani perawatan beberapa hari dan kondisi tubuhnya terus menurun.



Simak Video "Sosok Rima Melati di Mata Rina Hassim: Orangnya Sangat Baik dan Ramah"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)