ADVERTISEMENT

Hot Questions

Hampir Saja! Elvy Sukaesih & Rhoma Irama

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Selasa, 07 Jun 2022 20:52 WIB
Jakarta -

"Semakin malam semakin dingin. Semakin mesra kita berdua. Angin yang berhembus di malam ini. Menambah cepatnya debaran hatiku," itulah penggalan lagu berjudul Hampir Saja (1971) yang dinyanyikan secara duet oleh Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih. Lagu yang juga kemudian memunculkan kisah asmara antara Raja dan Ratu Dangdut itu.

Penggalan lagu itu dinyanyikan Elvy saat wawancara dengan detikHOT di kediamannya di Kawasan Cawang, Jakarta Timur. Sesudahnya, Elvy spontan bercerita bahwa anaknya ingin menanyakan langsung kepada Rhoma Irama cerita di balik lagu tersebut.

"Anak kita sendiri aja penasaran. Itu ngapain sih ma? Dia bilang kalau ketemu Bang Haji, dia mau nanya soal lagu itu," celetuknya sambil tertawa.

Akan menyesal rasanya jika dalam kesempatan wawancara dengan Elvy Sukaesih, tidak menanyakan soal Rhoma Irama. Semua mata tertuju pada mereka kala itu, raja dan ratu, di atas panggung maupun tidak. Isu-isu bertebaran tentang mengapa keduanya tak jua bersatu di bawah panji asmara.

Elvy SukaesihElvy Sukaesih Foto: Grandyos Zafna

"Aku nggak ada rasa apa-apa, nyanyi ya nyanyi aja. Memang cuma di stage aja, soalnya aku nggak mau, kan aku punya suami, ngapain aku bayangin-bayangin orang, dosa loh. Kita dari kecil udah married (Elvy Sukaesih menikah pada usia 14 tahun), bagus deh. Mungkin kalau nggak, kacau," jelas Umi Elvy sembari tertawa terbahak-bahak.

"Oma itu karena dari awal, mulai rekaman, udah ngintilin aku. Kan aku mulai duluan. Dia aku ajakin ke mana-mana, padahal saat itu aku udah duet sama Mansyur S. Jadi, 'kartu' Oma itu ada di tangan aku semua," lanjutnya lagi dengan tertawa. Istilah 'kartu' yang dimaksud merujuk pada rahasia-rahasia perjalanan sang raja yang tentu saja tidak mau dibukanya.

Di mata Elvy, pasangan kolaborasinya dalam O.M. Soneta yang bersama-sama melahirkan sekitar 20 album itu adalah seniman multitalenta. Mencipta lagu, bernyanyi dan berakting, dilakoni dengan baik. Chemistry pun diakui Elvy jadi yang nomor wahid.

"Nomor 1 dia, kita kadang-kadang nggak pake ngajarin lagi udah kaya orang pingpong, langsung bisa. Nggak pake latihan, langsung aja. Emang paling klik sama dia. Walaupun bukan berarti yang lain jelek, Mansyur S. seru, Muchsin Alatas apalagi."

Penyanyi legendaris Indonesia, Elvy Sukaesih, berpose saat wawancara di Jakarta, Minggu (5/6/2022).Penyanyi legendaris Indonesia, Elvy Sukaesih, berpose saat wawancara di Jakarta, Minggu (5/6/2022). Foto: Grandyos Zafna

Sampai hari ini, hubungan keduanya terus terjalin dengan baik. Dari cerita mereka masih terus bertukar kabar dan saling mendoakan. Mereka juga sedang menyiapkan lagu yang menandakan kembalinya lagi Raja dan Ratu Dangdut dalam waktu dekat.

"Kita sekarang saling mendoakan. Terus kalau dengar dia sakit, kita sedih juga. Ya Allah mudah-mudahan panjang umur. Dia juga begitu, waktu aku bilang 'Ji, ana saraf kejepit', nangis dia. Kita video all, saling mendoakan karena sudah banyak teman-teman yang pulang (meninggal) kan. Ini juga kita berdua lagi bikin lagu belum kelar-kelar, dalam hati gue takut kelamaan nanti antara gue yang mati duluan atau dia," tutur Elvy santai.

Karena katanya komunikasi yang masih terjalin baik, detikHOT menanyakan apa sih panggilan Rhoma Irama kepada Elvy Sukaesih.

"Dia manggilnya kadang 'Kes'. Kadang chat atau telpon panggil 'Tu, apa kabar, Tu?', maksudnya kan ratu. Nanti ane jawab, 'Baik, Ja', jadi raja. Kita mah emang udah kayak saudara lah," tutup Elvy.

(mif/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT