ADVERTISEMENT

Hot Questions

Elvy Sukaesih, Memberi Tak Harap Kembali

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Selasa, 07 Jun 2022 17:06 WIB
Elvy Sukaesih
Elvy Sukaesih Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Elvy Sukaesih dengan kekuatan penuh dedikasinya untuk musik dangdut di Indonesia, telah memberikan banyak hal sepanjang 58 tahun. Hampir 2.000 lagu, suara yang khas, cengkok yang aduhai, hingga perwujudan seorang ratu. Namun sebaliknya, apa yang sudah diberikan dangdut untuk Elvy Sukaesih?


Banjir penghargaan dengan kategori 'Terbaik' tentu sudah disandangnya. Baik dari Indonesia, maupun luar negeri seperti yang didapatnya di Jepang. Ketenaran lintas benua juga sudah menjadi barang biasa, Di Australia, Dataran Eropa dan Amerika Serikat.


"Alhamdulillah popularitas adalah anugerah. Kita empat kali kan kalau nggak salah nyanyi di Jepang. Terus sempet ke Los Angeles, Amerika Serikat. Ke Australia juga, kalau yang namanya Singapura, Kuala Lumpur, itu sih udah terlalu sering."


Akan tetapi, yang paling menyenangkan hatinya adalah bernyanyi. Dangdut memberinya alasan untuk terus dan terus bernyanyi.

Elvy SukaesihElvy Sukaesih Foto: Grandyos Zafna


"Saya mengagumi suara saya sendiri. Jadi kalau saya lagi bersenandung gitu, Ya Allah, enak ya suara saya. Saya enjoy sekali. Saya lagi sakit, bernyanyi, tidak terasa lagi sakitnya," ungkap Elvy kepada detikHOT saat ditemui di kediamannya di Kawasan Cawang, Jakarta Timur.


"Pencipta lagu itu, dari yang top sampai yang ecek-ecek, saya nyanyi ya lagu apa saja ayok. Semua kita sikat. Kalau penyanyi lain mungkin ada yang lebih pas di lagu tertentu, kalau kita, lagu mellow, genit, lagu yang judes-judes sikat semua. Sampai ada istilah, 'ah Elvy dikasih lagu tahi juga enak'," ujarnya seraya tertawa. 'Lagu tahi' yang dimaksud adalah lagu yang dirasa kurang enak notasi dan liriknya.


Lebih lanjut soal apa yang sudah dangdut berikan kepada sang ratu, detikHOT bicara soal royalti. Dan ini jawaban si pelantun 'Cubit-cubitan' itu.

Penyanyi legendaris Indonesia, Elvy Sukaesih, berpose saat wawancara di Jakarta, Minggu (5/6/2022).Penyanyi legendaris Indonesia, Elvy Sukaesih, berpose saat wawancara di Jakarta, Minggu (5/6/2022). Foto: Grandyos Zafna


"Kita nggak dapat apa-apa. Kebetulan waktu topnya Karena Pengalaman, sampai 1 juta 500 kaset waktu itu kan. Setelah itu Cubit-cubitan meledak. Aku cuman dapet Honda Civic dikasih sama Purnama Record, waktu harganya baru Rp2 juta-an. Makanya habis itu aku bikin Sedingin Salju waktu itu. Kalau penghargaan, ada beberapa, ada piringan emas gitu, ada yang udah kebanjiran, ada yang dicuri juga. Saya mah prinsipnya nggak gimana banget penghargaan, yang penting pencipta semuanya puas, penonton terhibur, saya mulia di mata Allah."



Simak Video "Kisah Elvy Sukaesih, Sang Ratu Dangdut yang Masih Produktif Sampai Sekarang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT