Curhat Miing Bagito Pamit ke Keluarga saat Masuk Ruang Operasi Bypass Jantung

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sabtu, 28 Mei 2022 07:36 WIB
Miing Bagito dan Istri
(Foto: Instagram) Curhat Miing Bagito Pamit ke Keluarga saat Masuk Ruang Operasi Bypass Jantung
Jakarta -

Komedian Miing Bagito belum lama ini menyelesaikan operasi bypass jantung di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kini dirinya sudah dipulangkan dari rumah sakit.

Sebelumnya Miing Bagito merasa khawatir bahwa proses operasinya tidak akan berjalan lancar. Bisa jadi itu merupakan kali terakhir dia bertemu keluarga sehingga sang pelawak sempat pamit dan minta maaf kepada keluarganya.

"Saya sama istri saya pamit, saya bilang ke anak dan istri, 'Ayah pergi ke ruang operasi dengan one way ticket.' Artinya belum tentu saya bisa kembali karena saya tidak punya tiket. Saya bilang mumpung saya hidup, saya minta maaf, kalau saya mati dalam operasi saya tidak bisa minta maaf," kata Miing di Kelapa Gading, Jakarta pada Jumat (27/5/2022).

Beruntung operasi bypass jantung yang dijalaninya lancar. Dia pun sudah bisa kembali beristirahat di rumah dan tidak lagi harus tinggal di rumah sakit. Namun ke depannya masih ada sederet hal yang harus dia lakukan selama masa pemulihan.

Miing Bagito diharuskan melakukan fisioterapi oleh dokter. Karena operasi yang dijalaninya merupakan operasi yang cukup berat dan lama sehingga diperlukan perawatan dan pemulihan pascaoperasi dengan fisioterapi.

"Dan ternyata Allah menyayangi kita semuanya saya bisa kembali ke anak, istri, dan cucu-cucu saya. Seperti teman-teman lihat hari ini insya Allah sehat. Sekarang ini lagi menjalani fisioterapi, belajar jalan, belajar duduk, ternyata mungkin operasinya hanya 6 jam tetapi dampaknya ke recovery begitu beratnya," papar Miing.

Melihat ke belakang, Miing bercerita bahwa sebelum operasi dia merasakan nafas yang terengah engah. Selama ini ketika mengalami sakit, Miing enggan ke rumah sakit.

"Sebelum ke rumah sakit atau sebelum dioperasi itu ngomong pun terengah-engah, betul-betul karena saya nakal enggak mau dibawa ke rumah sakit mungkin," ungkap Miing.

(fbr/aay)