Perjalanan Spiritual Jesse Choi, Suami Maudy Ayunda

Tim detikcom - detikHot
Senin, 23 Mei 2022 14:43 WIB
Maudy Ayunda
Kisah perjalanan hidup Jesse Choi hingga memutuskan pindah ke Jakarta. Foto: Instagram/@maudyayunda
Jakarta -

Jesse Choi suami Maudy Ayunda membagi cerita pengalamannya saat baru memutuskan pindah ke Indonesia. Dalam tulisannya, Jesse Choi menegaskan dirinya pindah bukan hanya karena pasangan.

Pada blog yang ditulis oleh Jesse Choi, ada empat alasan sampai akhirnya dia memutuskan pindah ke Indonesia karena cinta, perkembangan, harga diri, dan kesempatan.

Jesse Choi pada 2019 partama kali bertemu dengan gadis asal Indonesia, Maudy Ayunda, yang dinilainya sangat luar biasa. Pertemuan itu terjadi di Stanford University.

Sampai akhirnya Jesse Choi berkencan dengan Maudy Ayunda. Hubungannya dengan Maudy Ayunda membuat dirinya semakin bisa berpikir lebih luas.

"Kami mulai berkencan setelah merasakan guncangan sekolah bisnis, COVID, dan kondisi pribadi. Kami merasa tak terpisahkan. Saya merasa sangat diberkati memilikinya," tulis Jesse Choi.

Jesse Choi menegaskan dirinya pindah ke Jakarta bukan cuma karena pasangan. Dirinya memang punya keinginan untuk berkarier di luar negeri.

Ada banyak pertimbangan kehidupan Jesse Choi termasuk saat dirinya harus memilih untuk pekerjaan pertamanya setelah lulus. Dirinya harus memilih antara magang di perusahaan teknologi atau bekerja di perusahaan internasional.

Bahkan Jesse Choi juga pernah mengalami tindakan rasisme. Dirinya pernah mendapat perlakuan tak menyenangkan saat tinggal di Boston.

"Sabtu malam, saya dihadang oleh empat orang di sebuah bar. Mereka lebih tinggi dan lebih besar. Mereka mengatakan saya tidak memenuhi syarat untuk bergaul dengan teman-teman saya karena saya orang Asia," ceritanya.

Tidak sekali mengalami tindakan rasisme membuat Jesse Choi yang bisa berasimilasi dengan budaya Amerika, tidak menerima begitu saja orang Asia direndahkan.

Asia Tenggara menarik Jesse Choi untuk membangun kehidupan perekonomiannya. Memilih tinggal di salah satu negara di Asia Tenggara bisa memberikan investasi untuk masa depannya.

Oleh karena itu, justru dirinyalah yang memutuskan untuk pindah ke Jakarta.

"Percaya atau tidak, pada akhirnya justru saya yang menyarankan kepada pasangan saya untuk pindah ke Jakarta. Ini adalah petualangan yang membuat saya bersemangat," kata Jesse Choi.

Jesse Choi diketahui menjadi mualaf dua bulan sebelum menikah dengan Maudy Ayunda. Jesse Choi mengaku mendapat banyak pelajaran selama beberapa bulan sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Jakarta.

"Saya telah belajar! Saya harus menyesuaikan diri pada hampir setiap aspek kehidupan, mulai dari bahasa, mengatur pola makan, teman baru, karier, hobi, hingga banyak hal lainnya. Saya melalui rentang emosi yang lebih luas di sini dalam empat bulan daripada yang saya alami dalam empat tahun yang lalu di Amerika," tulis Jesse Choi dalam blog yang dia unggah 9 Februari 2022 di mana saat itu dirinya baru 4 bulan pindah ke Jakarta.

"Dan sepanjang jalan, saya menjadi lebih dekat dengan diri saya yang sebenarnya," lanjutnya.



Simak Video "Maudy Ayunda Unggah Momen Sakral saat Akad Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/aay)