Jesse Choi Hijrah ke Indonesia demi Petualangan Hidup

Tim detikcom - detikHot
Senin, 23 Mei 2022 17:53 WIB
Maudy Ayunda
(Foto: Medium.com/@jessejchoi) Jesse Choi Hijrah ke Indonesia demi Petualangan Hidup
Jakarta -

Jesse Choi, suami Maudy Ayunda, sudah beberapa bulan ada di Indonesia. Dia kini berada di Jakarta dan memutuskan untuk tinggal sementara waktu di sini. Banyak yang menyebut alasan utamanya adalah karena Maudy Ayunda.

Namun, Jesse Choi membantah hal tersebut. Alasan kepindahannya ke Jakarta bukan semata-mata karena pasangannya tersebut. Bahkan diakui olehnya dalam sebuah memoar di situs medium.com, Jesse Choi justru pindah ke Jakarta atas keinginannya sendiri.

"Percaya atau nggak, pada akhirnya akulah yang menyarankan pasanganku untuk pindah ke Jakarta," tulisnya dikutip Senin (23/5/2022).

Dalam memoar yang sama, Jesse Choi juga mengisyaratkan bahwa dirinya adalah orang yang menyukai petualangan dan mencari pengalaman baru dalam hidup. Pernikahan dengan Maudy Ayunda dan keputusannya buat pindah ke Jakarta disebutnya sebagai sebuah fase petualangan yang baru.

"Ini adalah sebuah petualangan yang membuatku bersemangat karena banyak alasan," lanjut dia.

Jesse Choi memutuskan untuk pindah ke Jakarta sejak akhir 2021. Selama beberapa bulan terakhir, dia menghabiskan waktu buat belajar banyak hal dan menyesuaikan kehidupan barunya di Jakarta.

Salah satu hal yang dipelajarinya juga adalah soal bahasa. Selain itu, Jesse Choi mengaku selama di Jakarta, dirinya merasakan emosi yang lebih luas dibandingkan ketika dia masih tinggal di Amerika Serikat.

"Aku belajar, menyesuaikan segala aspek kehidupan mulai dari bahasa ke pola makan, teman dan karier, hobi, dan beberapa hal lainnya. Aku juga merasakan emosi yang jauh lebih luas selama empat bulan di sini, dibandingkan dengan empat tahun terakhir aku di Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu aku juga jadi semakin menjadi diriku sendiri," tuturnya.

Pernikahan Maudy Ayunda dengan Jesse Choi dibenarkan juga oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Cilandak, Jakarta Selatan, Bunyamin.

Dari situ, terungkap Jesse Choi adalah pria asal Korea Selatan yang memiliki paspor Amerika Serikat.

"Amerika kewarganegaraannya, cuma aslinya Korea. Jesse Jisoek Choi namanya," ungkapnya di kantornya, kepada detikcom, Senin (23/5/2022).

(aay/mau)