Qausar Harta Jelaskan Arti Mahar 30 Mayam Logam Mulia untuk Masayu Clara

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sabtu, 21 Mei 2022 08:25 WIB
Masayu Clara dan Qausar Harta Yudana usai melakukan akad nikah di masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat, (20/5/2022).
Foto: Palevi/detikcom
Jakarta -

Pasangan Masayu Clara dan Qausar Harta resmi menikah pada Jumat (20/5/2022). Qausar Harta mengucap ijab kabul di Masjid Istiqlal dengan mahar 30 mayam.

Setelah prosesi selesai, kelegaan diungkapkan oleh Masayu Clara dan Qausar Harta. Suasana sore hari setelah salat asar di hari pernikahan keduanya diwarnai hujan yang turun di kawasan Jakarta Pusat. Kelegaan meliputi perasaan keduanya.

"Ya alhamdulillah, hari ini selesai juga rangkaian acaranya. Akhirnya yang ditunggu terlaksana juga dengan sakral dan lancar, tadi juga sempat hujan. Semoga hujan jadi tanda kalau pernikahan kita diberkahi," kata Masayu Clara usai prosesi akad.

Masayu Clara juga berdoa agar rumah tangga kedepannya dengan Qausar berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan kedepan kita jadi keluarga yang diberkahi, sakinah, mawadah warhahmah," ungkap sang pemain sinetron dan FTV tersebut.

Mahar yang diberikan oleh Qausar adalah 30 mayam logam mulia. Dia kemudian menjelaskan makna dari 30 mayam logam mulia tersebut.

"Mahar itu 30 mayam, kalau di Aceh itu sebutannya mayam untuk gram. Jadi mayam itu sebutan gram di Aceh. Satu mayam itu 3,33 gram. Mayamnya itu ada 30, kurang lebih 100 gram (logam mulia)," ungkapnya.

Untuk jumlah 30 mayam sendiri, Qausar terinspirasi dari usianya saat ini ketika menikahi Masayu Clara yakni 30 tahun. Sebelum memberikan mahar tersebut, Masayu dan Qausar sempat berdiskusi sehingga tak ada pihak yang keberatan dengan pilihan mahar yang mereka tentukan.

"Kalo (sejumlah) 30 sih karena usia saya di tahun ini segitu, jadi saya kasihnya dengan mayam segitu," ungkap Qausar.

"Nggak (minta) sih, sebelum aku minta, kita udah bahas sama-sama. Abang udah ngasih tahu duluan, aku mungkin sanggupnya kasih segini ya, dalam bentuk mayan, logam mulia," tambah Clara.

Clara juga menyebut emas sebagai bentuk investasi masa depan.

"Dalam bentuk Mayam dalam bentuk logam mulia, karena buat investasi juga buat aku ke depannya. Kesepakatan bersama aja," beber Clara.

(fbr/aay)