Wadah Komunitas Kreatif di Klaten, Dibentuk Bareng Drummer Jikustik

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 09 Mei 2022 14:38 WIB
carlo jikustik
Wadah Komunitas Kreatif di Klaten, Dibentuk Bareng Drummer Jikustik. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Setelah dua tahun terakhir terjadi PPKM sebagai imbas dari pandemi virus COVID-19, kini dunia perlahan mulai membaik. Begitu pula dalam sektor industri kreatif dengan ditandainya gelaran festival musik yang mulai kembali seperti semula.

Sebagai tanda bangkitnya bidang ekonomi kreatif, Kampung Kuliner Klaten pun tak ingin ketinggalan untuk ambil peran di dalamnya. Berlokasi di Jalan Kopral Sayom, Klaten Utara, Jawa Tengah, pusat kuliner satu ini telah disulap tidak hanya menjajakkan makanan dan menjadi tempat nongkrong saja, melainkan menjadi community space bagi para insan kreatif.

Drummer band pop Jikustik Carlo Liberianto bahkan turut serta membantu terbangunnya tempat komunitas kreatif berkumpul tersebut. Baginya, anak muda memang memerlukan ruang kreatif tersendiri untuk melatih skill, memperluas jaringan, serta berkolaborasi dengan insan kreatif lainnya.

Hal itu pun selaras dengan dirinya yang telah berkecimpung di dunia kreatif sebagai drummer band Jikustik sejak tahun 1996. Ia sangat setuju dengan inovasi tersebut.

Ditambah lagi dengan dirinya yang juga memiliki tempat usaha kuliner bernama Oyo Deliish Rice Bowl di tempat yang sama.

"Carlo pun bersedia meluangkan waktunya untuk hal tersebut," tutur Robert selaku pengelola Kampung Kuliner Klaten.

Robert juga menuturkan bahwa gebrakannya tersebut dilandasi oleh keinginannya memaksimalkan sumber daya yang ada. Ia ingin Kampung Kuliner Klaten menjadi tempat kongkow biasa, namun juga sebagai tempat mencari inspirasi, berdiskusi, mengembangkan keahlian, serta membuka relasi dengan membentuk komunitas bagi para insan kreatif di Kota Klaten dan sekitarnya.

"Di sinilah tempat masyarakat dari berbagai kalangan untuk berkreasi, bermain dan berekspresi secara bebas, tanpa dipungut biaya," ujar Robert.

Hingga kini sudah terdapat beberapa komunitas yang telah menggelar acara di tempat tersebut. Nantinya Robert sendiri akan menggandeng komunitas lebih luas lagi, seperti komunitas film, seni, dan lainnya.

"Komunitas pecinta burung aktif mengadakan latihan bersama tiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Selain itu ada juga komunitas modelling, komunitas tato yang juga sering menggelar acara di sini," katanya.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, dapat mengunjungi akun Instagram @kampungkuliner.klaten. Yuk para insan kreatif anak muda berkumpul ke situ!

(mau/pus)