Hari Kartini, Shandy Purnamasari Beri Penghargaan bagi 10 Perempuan

Inkana Putri - detikHot
Jumat, 22 Apr 2022 12:47 WIB
Hari Kartini, Shandy Purnamasari Beri Penghargaan bagi 10 Perempuan
Foto: Foto: Perempuan Level Up
Jakarta -

Bertepatan dengan Hari Kartini, Komunitas Perempuan Level Up memberikan penghargaan kepada 10 kartini inspiratif. Adapun penghargaan ini diberikan ke wanita dengan beragam profesi dan dari latar belakang berbeda.

Founder Komunitas Perempuan Level Up, Shandy Purnamasari menyampaikan kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi kepada para perempuan hebat. Menurutnya, para perempuan ini memiliki profesi mulia yang menginspirasi banyak perempuan, termasuk dirinya.

"Kita hari ini mengapresiasi perempuan-perempuan hebat. Dari mereka saya belajar, jadi banyak sekali perempuan yang profesinya macem-macem, dari ojek online, buruh cuci, guru ngaji. Saya melihat pekerja mereka itu profesi mulia. Kita tak hanya terinspirasi dari perempuan yang mungkin penghasilannya luar biasa, tapi dari mereka kita lihat perjuangan untuk bisa keluar dari zona nyaman, bertahan dari kesulitan, dan struggle mereka ini lho yang jadi inspirasi buat kita bahwa perempuan yang berjuang sampai sekarang udah banyak banget," katanya dalam acara Penghargaan 10 Kartini Versi Perempuan Level Up yang berlangsung secara live streaming di Instagram @perempuanlevelup, Kamis (21/4/2022).

Di kesempatan ini, Shandy juga mengingatkan para perempuan untuk saling mengapresiasi satu sama lain dan terus percaya diri. Mengingat, menjadi perempuan bukan merupakan hal mudah. Terlebih bagi para perempuan yang berani keluar dari zona nyaman mereka.

"Kadang-kadang kita lupa mengapresiasi mereka, kita cuma melihat yang di atas kita. Padahal, mereka di hidup kita sangat penting. Dan, menjadi perempuan itu nggak mudah, kita dituntut jadi ibu, jadi istri yang baik, tapi kita juga nggak menyerah. Kita keluar dari zona nyaman, sehingga kita menunjukkan value kita. Itu sih yang aku ingin kasih pesan kalau perempuan itu punya value-nya, tinggal gimana caranya kita menemukan itu," katanya.

Penasaran siapa saja kartini Versi Perempuan Level Up? Berikut kesepuluh perempuan hebat dan inspiratif yang mendapatkan penghargaan dari Perempuan Level Up.

Hari Kartini, Shandy Purnamasari Beri Penghargaan bagi 10 PerempuanFoto: Perempuan Level Up

1. Sari - Asisten Rumah Tangga

Sari merupakan seorang ibu yang sudah lama bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Adapun alasan Sari menjalani profesi ini demi membantu perekonomian keluarga. Meskipun dengan gaji pas-pasan, ia mengaku tidak malu dengan profesinya.

"(Saya bekerja) sudah 14 tahun. (Kadang) anak saya dibandingkan dengan anak orang lain, tapi saya terus kasih semangat buat anak saya kamu jangan malu karena mama jadi pembantu. Buktikan kalau kamu itu bisa. Alhamdulillah anak saya jadi siswa berprestasi di pesantren," ungkap Sari.

2. Nyai - Tukang Sayur

Lantaran suaminya menderita sakit diabetes, Nyai terpaksa harus berjualan sayur demi menghidupkan anak-anaknya. Sebab, ia ingin anak-anaknya sukses. Selama 30 tahun sudah Nyai bekerja sebagai tukang sayur. Dengan 4 orang yang dimilikinya, dan pendapatan yang kadang tak menentu, tapi beliau tetap bersyukur, tegar dalam menjalankan kehidupan.

3. Halimah - Penjahit

Suaminya yang sudah tidak bekerja membuat Halimah harus berperan ganda menjadi seorang ibu sekaligus ayah. Ia mengungkapkan dirinya bekerja sebagai penjahit untuk menghidupi keluarga. Meski bekerja dengan gaji yang tidak menentu, ia juga tidak malu dengan profesinya saat ini.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik



Simak Video "Mengintip Pembuatan MSGlow & Minuman Herbal milik Juragan 99"
[Gambas:Video 20detik]