Bintang Puspayoga Trending Gegara UU TPKS Disahkan, Begini Komentar Para Artis

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 10:35 WIB
Menteri PPPA Bintang Puspayoga
Bintang Puspayoga Trending Gegara UU TPKS Disahkan, Begini Komentar Para Artis. (Foto: Dok. Kemen PPPA)
Jakarta -

Suka cita menyelubungi berbagai media sosial usai Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU-TPKS) secara resmi disahkan beberapa waktu yang lalu. Bintang Puspayoga selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA) pun sontak mendapat sorotan lebih.

Bintang diketahui sudah cukup lama mengupayakan disahkannya undang-undang ini bersama dengan KemenPPPA sejak 2016. Kini, perjuangan selama itu pun membuahkan hasil dan terbayar sudah dengan disahkannya secara resmi dalam Sidang Paripurna DPR, Selasa (12/4/2022) lalu.

"Tidak hanya RUU TPKS dapat segera dibahas dan disahkan, namun sungguh-sungguh menjadi payung hukum komprehensif yang melindungi masyarakat Indonesia khususnya perempuan dan anak dari kekerasan seksual," tutur Bintang dalam pernyataannya di kanal YouTube KemenPPPA pada Januari 2022.

Ucapan terima kasih, pujian, dan sorotan membanjiri media sosial atas kinerja apik menteri Bintang Puspayoga. Sampai-sampai tercipta sebuah tagar di Twitter berbunyi #SuksemaBintangPuspayoga atau terima kasih Bintang Puspayoga yang akhirnya menjadi trending topic Indonesia.

Menanggapi fenomena mengharukan ini, sejumlah artis dan komedian Tanah Air turut berkomentar melalui media sosial pribadi mereka. Salah satunya ialah aktris kondang Hannah Al Rasyid yang mengaku sampai menangis usai mengetahui disahkannya RUU TPKS.

"Sebenarnya ingin memeluk semua orang saat ini, tapi aku terlalu sibuk menangis jelek di kosanku. Kepada semua penyintas yang telah angkat bicara, kepada semua pendamping yang tidak pernah berhenti berada di sana, kepada semua yang selama ini #berpihakpadakorban Terima kasih terima kasih! #UUTPKS," tulis Hanna Al Rashid dalam bahasa Inggris di Twitter.

Rasa haru dan bahagia juga menyelimuti sutradara film Dua Garis Biru yakni Gina S Noer. Gina bahkan mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam memperjuangkan RUU TPKS ini.

"Terima kasih, terima kasih, terima kasih, untuk semua orang baik yang mau terlibat di politik dan memperjuangkan UU TPKS sah. Salah satu hadiah terbaik untuk bangsa ini. Alhamdulillah #UUTPKSSAH!!!!," ujar Gina.

Tidak hanya itu, komika Arie Kriting juga turut gembira dan menyambut baik disahkannya RUU TPKS tersebut. Ia berharap undang-undang yang sudah diperjuangkan mati-matian ini bisa menjadi jaminan keamanan bagi para perempuan dan anak di Indonesia.

"Selamat atas disahkannya menjadi UU TPKS. Semoga mulai hari ini dan seterusnya bisa membawakan rasa keadilan dan jaminan keamanan bagi jiwa dan raga manusia Indonesia terutama kaum perempuan dan anak," kata Arie.

(mau/pus)