ADVERTISEMENT

Will Smith Undur Diri dari The Academy

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 02 Apr 2022 11:27 WIB
Jakarta -

Setelah insiden di panggung Oscar 2022, Will Smith memutuskan mengundurkan diri dari The Academy. Pernyataan itu dipublikasikan akhir pekan usai peristiwa yang menghebohkan awal pekan ini.

Dalam pernyataannya, dia mengatakan mengundurkan diri dari keanggotan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

"Saya juga akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan The Academy," tulis keterangan resmi Will Smith, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (2/4/2022).

Will Smith menuturkan ada banyak perubahan setelah peristiwa itu berlangsung. Dia pun berkomitmen untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik lagi.

"Saya berjanji untuk melakukan pekerjaan dan tidak pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan atas aksi saya," tambahnya.

Pada Rabu pekan ini, pihak The Academy sebagai penyelenggara Oscar juga mengumumkan telah memulai proses pendisiplinan terhadap Will Smith.

Presiden The Academy, David Rubin, mengatakan bahwa organisasi menerima pengunduran diri sang aktor sesegera mungkin.

"Kami akan melanjutkan proses disipliner kami terhadap Will Smith atas pelanggaran standar perilaku Academy, sebelum pertemuan dengan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April," kata David Rubin.

Tindakan disiplin oleh The Academy termasuk penangguhan atau pengusiran. Nantinya, juga bakal ada sanksi lainnya yang diatur di dalam The Academy.

Will Smith rela meninggalkan organisasi bagi aktor, sutradara, dan produser di industri perfilman dunia. Dengan surat pengunduran dirinya, Will Smith tidak akan lagi memberikan suara kepada berbagai karya filmnya di ajang Oscar pada tahun-tahun mendatang.

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang. dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang terkasih saya, semua yang hadir, dan pemirsa global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Akademi," tulis pernyataan Will Smith.

"Saya menghilangkan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan atas karya film mereka yang luar biasa. Saya patah hati. Saya ingin fokus kembali pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian yang luar biasa dan agar The Academy fokus pada kreativitas di dunia film," tukasnya.

(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT