Kronologi Ayah Ira Koesno Meninggal Dunia Usai Terpapar COVID-19

ADVERTISEMENT

Kronologi Ayah Ira Koesno Meninggal Dunia Usai Terpapar COVID-19

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 25 Mar 2022 10:10 WIB
Jakarta -

Ayah Ira Koesno, dr. H. Koesno Martoatmodjo, Sp.A, meninggal dunia. Ia berpulang usai berjuang melawan COVID-19. Begini kronologinya.

Pada tanggal 21 Februari 2022, dr. H. Koesno Martoatmodjo, Sp.A terdeteksi virus COVID-19. Ia pun langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Saat itu, Koesno Martoatmodjo hanya mengalami gejala ringan saja. Ia mengeluhkan batuk, pilek dan sedikit pusing.

Setelah lima hari isoman, Koesno Martoatmodjo mengalami keluhan sesak napas. Ia pun akhirnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Dari 25 Februari (dirawat di rumah sakit), tanggal 21 terdeteksi, 5 hari sempat di rawat di rumah dulu karena memang gejalanya ringan. Setelah 5 hari baru ada sesak napas, dibawa ke Rumah Sakit Pertamina Jaya, Jakarta Pusat," kata Inge Olivia B. Mangkoe, Staff Ira Koesno bagian media dan konten spesialis saat dihubungi detikcom, Jumat (25/3/2022).

Dalam rilisnya, Ira Koesno mengatakan sang ayah memiliki hasil PCR positif dengan CT 19. Tak hanya sang ayah, ibunda Ira Koesno juga terpapar COVID-19.

"Ibu saya juga kena, tapi tanpa gejala, dan CT-nya 26. Selama lima hari dirawat di rumah, bapak mulai merasa sesak napas, saturasinya 89. Akhirnya dibawa ke rumah sakit, berbarengan dengan ibu karena saat itu mulai ada batuk,'' kata Ira.

Setibanya di RS, sang ayah langsung dilakukan screening. Dalam paru-paru Koesno Martoatmodjo ditemukan bercak sehingga harus dirawat secara intensif.

Bukannya membaik, kondisi Koesno Martoatmodjo semakin menurun saat masuk rumah sakit. Alhasil, nyawa Koesno Martoatmodjo tidak tertolongkan.

"Dari situ sampai sekarang tidak pulang lagi ke rumah karena sejak saat itu terus mengalami perburukan," imbuh Inge Olivia B. Mangkoe.

Ira Koesno mengatakan, sang bunda menunjukkan perbaikan. Ia diperbolehkan pulang setelah 10 hari dirawat.

"Sebaliknya, kondisi bapak tak kunjung membaik. Saturasi terus drop di bawah angka 80-an. Kadar oksigen di darah pun hanya 60 persen. Karena semakin sesak, maka diambil keputusan untuk diintubasi memakai ventilator. Akan tetapi, sejak saat itu kondisi bapak terus mengalami perburukan,'' kata Ira, lirih.

Koesno Martoatmodjo pun menghembuskan napas terakhirnya di usia 83 tahun. Ia tutup usia pada hari Kamis (24/3/2022) pukul 17.23 WIB di RS Pertamina Jaya, Jakarta Pusat.

"Jenazahnya tidak langsung dimakamkan mengingat hari yang sudah malam. Koesno Martoatmodjo akan dikebumikan di TPU Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Jadinya disemayamkan dulu di RS, kemudian hari ini di makaminnya jam 10.00 WIB," tutup Inge Olivia B. Mangkoe.

(hnh/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT