ADVERTISEMENT

Dukung WBI Foundation, Ini Cara Raffi Ahmad Jaga Warisan Budaya RI

Erika Dyah - detikHot
Rabu, 23 Mar 2022 21:56 WIB
WBI Foundation
Foto: Erika Dyah/detikcom
Jakarta -

Public figure ternama, Raffi Ahmad mengaku memiliki misi untuk terus menjaga warisan budaya Indonesia melalui Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation. Salah satunya, dengan memanfaatkan media digital untuk menjembatani berbagai generasi agar lebih mengenal dan mencintai budaya bangsa.

Salah satu pendiri WBI Foundation ini menjelaskan WBI Foundation didirikan untuk menjaga integritas dari budaya Indonesia.

"Kita tahu sendiri bahwa generasi ini terus ada. Dari generasi saya hingga mungkin generasi anak-anak seperti Rafathar anak saya, yang namanya budaya Indonesia harus selalu kita jaga. Misi ini yang saya pegang sekali, saya pun sebagai influencer yang memiliki digital media yang cukup bisa menjembatani berbagai generasi punya kesadaran bahwa budaya ini harus bisa kita jembatani agar anak cucu kita nanti bisa mengerti dan tahu sejarah dari budaya di negara kita, dari setiap kota-provinsi, suku, dan daerah di Indonesia," kata Raffi dalam Press Conference Launching WBI Foundation di The Langham, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Sebagai bagian dari WBI Foundation, Raffi mengaku senang yayasan ini memiliki misi untuk berkontribusi pada kemajuan budaya nasional melalui upaya pelestarian budaya dan nilai-nilai warisan budaya Indonesia.

Adapun cara yang dilakukan Raffi untuk menjaga warisan budaya ini dilakukannya melalui berbagai konten kreatif yang ia buat. Ia mengaku sebelum pandemi dirinya bersama keluarga juga sempat keliling Indonesia untuk membuat konten 'RANSnesia' untuk mengenalkan berbagai kekayaan Indonesia. Menurutnya, kemasan konten yang kreatif ini juga bisa jadi salah satu cara untuk menjaga warisan budaya Tanah Air tergantung bagaimana cara mengemas dan sudut pandang yang diambil.

"Kalaupun kita akan membuat konten, nanti kalau buminya sudah membaik dan roadmapnya WVI Foundation juga akan mulai keliling indonesia dan negara-negara lain untuk membawa warisan budaya Indonesia. Ini mungkin bisa jadi salah satu konten yang bisa dikesinambungkan dengan konten RANS," tuturnya.

Di tengah maraknya budaya 'flexing' yang diminati kaum muda, Raffi pun mengatakan bahwa bentuk flexing bisa dilakukan secara positif. Salah satunya dengan flexing budaya Indonesia melalui konten-konten kreatif ini saat bepergian ke berbagai daerah nantinya. Selain itu, Raffi mengatakan cara melestarikan budaya ini juga bisa dilakukan melalui kuis atau games untuk anak muda di berbagai daerah.

"Contohnya, ayo dong seluruh teman-teman yang muda-muda di berbagai daerah coba dong tunjukin atau flexing budaya kalian dengan menggunakan pakaian atau baju daerah dan mengeluarkan ide kreatif mereka, atau mengenalkan makanan tradisional dan adat istiadat. Kita bisa lakukan hal itu, semua tinggal bagaimana kita menggiring kreativitas mereka (anak muda)," jelasnya.

Raffi menekankan rasa cinta pada bangsa Indonesia harus terus ditumbuhkan. Khususnya pada kaum milenial juga kaum setelah milenial yang sekarang.

"Mereka harus kita ketuk hatinya agar bisa cinta terhadap budayanya dari setiap daerah masing-masing. Karena bagaimanapun, merah-putih harus selalu ada di hati kita dan budaya-budayanya harus bisa kita padupadankan. Sehingga proses pelestarian dan pengelolaan warisan budaya ini harus bisa berkesinambungan dari generasi ke generasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, WBI Foundation merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan menjaga integritas tradisi budaya Indonesia dan meningkatkan kehidupan berbudaya pada masyarakat. Terutama dengan pelestarian dan promosi warisan budaya Indonesia. Organisasi ini dibentuk pada 24 November 2021 oleh 10 pencinta budaya yang terdiri dari Yanti Airlangga, Loemongga Agus Gumiwang, Pandu Sjahrir, Sari Agus Suparmanto, Anindya Bakrie, Gista Wishnutama, Liliana Tanoesoedibjo, Emmanuel L. Wanandi, Meutya Hafid, dan Raffi Ahmad.



Simak Video "Rayakan Ultah Terpisah, Raffi Ahmad: Doain Aku Sembuh Ya!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT