Nabil Lunggana Uring-uringan Rindu Haji Lulung, Begini Sikap Sang Ibu

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 21 Mar 2022 09:25 WIB
nabil lunggana
Nabil Lunggana Uring-uringan Rindu Haji Lulung, Begini Sikap Sang Ibu. (Foto: mauludi rismoyo)
Jakarta -

Duka yang ditimbulkan setelah kepergian Abraham Lunggana atau akrab disapa Haji Lulung rupanya masih sangat membekas di hati istri dan anak-anaknya. Hal ini terlihat saat Debby IS dan Nabil Lunggana ditemui di tempat pemakaman TPU Karet Bivak.

Mereka kembali mengunjungi makam Haji Lulung dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Isak tangis dan duka mendalam rupanya masih sangat dirasakan oleh Debby IS, istri Haji Lulung, terlebih lagi ini bakal kali pertama dirinya beserta keluarga menjalani bulan penuh berkah tanpa kehadiran sang suami.

"Iya kan baru pertama kali ini, tahun ini ya maksudnya ditinggal sama almarhum. Biasa kan tiap tahun puasa (dan) lebaran haji itu kan selalu ada almarhum," ujar Debby.

"Ya sakit sih, sakit sebenarnya. Tapi kita kan nggak bisa lama-lama melawan takdir ya. Sudah takdirnya harus seperti ini," sambung wanita yang berprofesi sebagai pengacara tersebut.

Rupanya tak hanya sang istri, anaknya yang juga ditemui pada waktu bersamaan juga ikut merasakan dampak dari hilangnya keberadaan mendiang.

Nabil Lunggana mengenang kebersamaan dengan ayahnya mulai dari pergi belanja bersama sampai makan serta berkumpul saat sahur dan berbuka ketika bulan Ramadhan. Tapi di tahun ini, bintang film The Doll itu sudah tidak bisa lagi melakukan hal tersebut.

"Kalau buat Ramadhan kayak puasa dan buka puasa bareng. Ramadhan gitu kangennya tuh ngumpul bareng gitu, tidur bareng, bangun sahur bareng, pasti senang pokoknya. Ya semoga papi tenang di sana, dihapus dosa-dosanya," tutur Nabil.

Lebih lanjut, Nabil Lunggana disebut kerap uring-uringan tak menentu setiap kali merindu akan kehadiran Haji Lulung.

Melihat hal tersebut, sang ibu pun akhirnya mulai mengambil peran Haji Lulung dalam menasihati anak-anaknya untuk tetap kuat menjalani semua yang terjadi.

"Kali ini tahun ini puasa nggak ada Papi, kita sabar ya, tahan emosi. Kita banyak doain Papi, tiap salat kirim alfatihah buat Papi. Kalau rindu, kita ke makam Papi," kata Debby.

(mau/pus)