Awkarin Buat Platform Tentang Kesehatan Mental, Ini Alasannya

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 27 Feb 2022 07:00 WIB
Awkarin
Awkarin Buat Platform Tentang Kesehatan Mental, Ini Alasannya. (Foto: Instagram/@awkarin)
Jakarta -

Bicara soal kesehatan mental, saat ini dunia hiburan Tanah Air sering dikejutkan dengan aksi bunuh diri. Mulai dari model majalah dewasa Novi Amelia hingga Ayu Aulia.

Tentunya hal itu berhubungan dengan kesehatan mental.

Menyoroti banyak permasalahan itu, kini justru salah satu selebgram Indonesia Awkarin membuat platform digital tentang kesehatan mental. Awkarin pun sempat mengumumkan niatnya itu di media sosialnya.

Rencana ini dilakukan Awkarin bersama Jerren Lim yang merupakan seorang advokat kesehatan mental. Mereka berdiskusi dan sepakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang kesehatan mental.

"Jadi, saya mendapatkan sebuah kesempatan untuk bertemu dengan @jerrenlim sekitar sebulan yang lalu. Dia adalah seorang advokat kesehatan mental yang tinggal di Amerika Serikat yang lulus dari @ucdavis dengan dua mayor, yakni biokimia dan biologi molekuler, dan dua minor, yakni neurosains dan ilmu fisiologi manusia," ujar Awkarin dalam unggahannya, dikutip detikcom.

"Selama perbincangan kami, kami menemukan bahwa kami memiliki minat yang sangat mirip, yaitu minat untuk mengangkat isu kesadaran kesehatan mental di Indonesia. Kami merasa bahwa banyak orang di Indonesia yang masih memandang sebelah mata isu kesehatan mental," lanjut Awkarin.

Lantaran pembicaraan itu, Awkarin dan Jerren Lim pun sepakat untuk membuat platform kesehatan mental yang diberi nama Digital Mental Coach.

"Sejak saat itu, kami setuju untuk membuat platform kesehatan mental untuk mengangkat kesadaran akan isu kesehatan mental. Dan... Lahirlah @digitalmentalcoach. Sebuah platform yang lahir dari hati kami untuk kesejahteraan manusia," tulis Awkarin.

Sebagai informasi, Jerren Lim adalah advokat kesehatan mental kelahiran 1996. Jerren lulus dengan jurusan biokimia dan biologi molekuler, tetapi juga memiliki gelar sarjana psikologi dari the University of California, Amerika Serikat.

Karena label Jerren Lim yang mengerti persoalan kesehatan mental, Awkarin pun percaya dan mau bekerja sama.

Diketahui, Awkarin juga merupakan selebgram yang kerap melakukan aksi sosial bersama pengikut Instagramnya.

Seperti pada 2019, Awkarin pernah membagikan makanan kepada mahasiswa yang aksi di depan Gedung DPR saat demo Omnibuslaw. Setelah demonstrasi selesai, Awkarin pun bersama teman-temannya melakukan operasi semut di hari selanjutnya dengan membersihkan sebagian lingkungan Gedung DPR.

(pig/mau)