Kata Gus Miftah Pentas Wayang di Ponpesnya Tuai Kontroversi

ADVERTISEMENT

Kata Gus Miftah Pentas Wayang di Ponpesnya Tuai Kontroversi

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 21 Feb 2022 14:17 WIB
Gus Miftah berbelasungkawa Dorce Gamalama meninggal.
Gus Miftah bicara soal pentas wayang di ponpesnya jadi kontroversi. Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Gus Miftah jadi trending di Twitter setelah menggelar pentas wayang di Pondok Pesantren Ora Aji miliknya. Muncul kontroversi dari pertunjukan wayang yang digelar pada Jumat (18/2/2022).

Pagelaran wayang yang pentas di ponpes milik Gus Miftah itu bertajuk Dalang Menggugat. Pementasan tersebut dihadiri oleh sejumlah dalang dari Solo dan Yogya dan diinisiasi oleh dalang kenamaan Ki Warseno Slenk asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Lakon pertunjukan wayang kulit itu adalah 'Begawan Lomana Mertobat'. Kepada detikcom melalui pesan suara, Gus Miftah menjelaskan pondok pesantren miliknya memang rutin nanggap wayang sejak 2012.

"Yang pertama, bahwa saya itu nanggap wayang dari tahun 2012 artinya memang Pondok Pesantren Ora Aji itu rutin menggelar pentas wayang. Cuma berhenti karena persoalan pandemi. Jadi kalau dimaknai pentas wayang itu merupakan reaksi atau respons yang terjadi hari ini, itu kurang pas," jelas Gus Miftah, Senin (21/2/2022).

Netizen ramai menduga pertunjukan wayang itu sengaja digelar berkaitan dengan isi ceramah Ustaz Khalid Basalamah. Akan tetapi, Gus Miftah membantah.

Gus Miftah juga menjelaskan pementasan wayang kulit itu digelar adanya permintaan dari teman-teman seniman untuk juga bisa berembuk.

"Kemudian yang kedua, pentas terakhir kemarin yang kita lakukan itu karena permintaan teman-teman seniman agar bisa urun rembuk di pondok saya. Kebetulan saya begitu care dengan permintaan seni dan budaya. Karena ada permintaan itu ya sebisa mungkin saya bantu," jelas Gus Miftah lagi.

Di jagat maya, heboh adanya potongan video lakon wayang berpeci yang dihajar oleh wayang Baladewa yang tengah marah. Dalam percakapan lakon Baladewa yang soal kegeramannya pada orang yang asal omong soal keberadaan wayang.

Menyoal hal tersebut, Gus Miftah pun memberikan penjelasan.

"Soal konten atau lakon, atau atraksi di dalam pertunjukan wayang, itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Jadi isinya tentang apa, itu kita hanya dikasih lakonnya saja. Pertunjukannya seperti apa, itu ya urusan dalang bukan urusan saya. Saya tidak bisa intervensi itu. Itu sudah merupakan kebiasaan bahwa atraksi panggung dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," tuturnya.

"Kalau sajak yang saya buat itu, tanggung jawasb saya penuh. Tapi kalau atraksi dalam pentas wayang itu merupakan domainnya dalang bukan saya," tegas Gus Miftah.

Di halaman selanjutnya, penjelasan sang dalang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT