Round-Up

5 Wasiat Dorce Gamalama Sebelum Meninggal

Tim Detikhot - detikHot
Kamis, 17 Feb 2022 06:29 WIB
Sejumlah petugas memakamkan jenazah Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Pemakaman tersebut menggunakan prokes COVID-19.
Dorce Gamalama dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sepanjang kariernya, Dorce Gamalama dikenal sebagai seniman dan artis serba bisa. Kerap berpenampilan perempuan, sosok Dorce dapat diterima masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Dari dunia presenter, pemain film, penyanyi sampai komedian pernah dijajali oleh Dorce Gamalama. Bahkan dia pernah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) ata raihan melahirkan 9 album dalam kurun waktu 5 November pada November 2005 sampai Maret 2006.

Karier Dorce Gamalama tak sekadar artis yang modal nongol di televisi lalu terkenal dan menghilang. Selama lebih dari tiga dekade, nama Dorce Gamalama masih eksis dan melekat di benak masyarakat.

Sebelum meninggal, Dorce banyak menitipkan wasiat kepada anak-anak angkatnya, keluarga, maupun kerabat terdekat.

Berikut 5 wasiat Dorce Gamalama, seperti dirangkum redaksi detikHOT:

1. Ikhlas Dimakamkan Sebagai Laki-laki atau Perempuan

Dalam wawancara bersama Denny Sumargo di channel YouTube, Dorce pernah mengatakan ingin dimakamkan sebagai perempuan. Menurutnya, setelah menjalani operasi ganti kelamin, ia ingin dimandikan sebagai perempuan.

"Ya sebagai saya sekarang. Karena saya memang after operation saya perempuan, saya punya kelamin perempuan. Ya mandikan saya dengan perempuan," ucap Dorce Gamalama.

Ucapan itu pun sempat menuai kontroversi. Namun dalam unggahan di Instagram pada 31 Januari, Dorce Gamalama akhirnya mengaku ikhlas bagaimana atau cara proses pemakamannya sebagai laki-laki atau perempuan.

"Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya. Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya. Seandainya laki-laki yang urus, uruslah. Seandainya perempuan yang urus, uruslah sesuai dengan kelamin yang saya miliki. Insyaallah saya ikhlas," ucap Dorce.

2. Keputusan Proses Pemakaman di Anak-anak

Anak angkat Dorce Gamalama yang diwakili oleh Fatimah mengaku soal prosesi pemakamannya sebelumnya sudah diamanatkan kepadanya. Dia menegaskan Dorce mengatakan hal tersebut sebelum berpulang.

"Jadi Mama sudah menyerahkan kepada kita, anak-anak jikalau terjadi seperti ini, Mama nyerahin ke kita untuk sesuai dengan lahirnya Mama," ungkap Fatimah.

3. Punya Kain Kafan

Presenter dan penyanyi yang kini menginjak usia 58 tahun itu mengaku sudah menyiapkan segala sesuatu kelak ketika dirinya meninggal dunia.

"Karena saya punya kain kafan sendiri. Saya punya kuburan sendiri. Ya saya punya sendiri. Di rumah saya di Lubang Buaya ada masjid, di masjid itu saya berpulangnya," aku Dorce Gamalama.

Sejumlah petugas memakamkan jenazah Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Pemakaman tersebut menggunakan prokes COVID-19.Sejumlah petugas memakamkan jenazah Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Pemakaman tersebut menggunakan prokes COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho

4. Jangan Sakiti Mama

Dorce Gamalama juga sempat berpesan kepada anak-anak angkatnya karena umurnya tak panjang agar memperlakukannya dengan baik.

"Saya juga bilang sama anak-anak. Saya bilang, 'Kamu jangan sakiti Mama karena umumur Mama nggak panjang'," katanya.

5. Tolong Jaga Masjid

Ustaz Anan Muhajir adalah salah satu pengurus Masjid AL Hayyu yang juga kerabat dekat dari Dorce Gamalama. Kenal sejak 10 tahun lalu, sang ustaz mengaku ada satu wasiat terakhir yang diucapkan Dorce.

Sekitar dua bulan lalu, ia bertemu dengan Dorce di rumah pribadinya. Ketika berbincang-bincang, Dorce menanyakan masjid yang merupakan hasil renovasi dari kantong pribadinya tersebut.

"Dia nanya masjid gimana, saya bilang, 'Aman Bu alhamdulillah jamaah ramai. Terakhir saya minta maaf Bu kalau ada kesalahan,' beliau juga sama. 'Tolong jaga masjid,' gitu saja titipan beliau," ujar Anan.

Simak Video 'Kepergian Dorce Gamalama yang Menyisakan Duka Mendalam':

[Gambas:Video 20detik]



(tia/pus)