ADVERTISEMENT

Profil Dorce Gamalama, Artis Multitalenta Itu Telah Tiada

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 16 Feb 2022 09:01 WIB
Jakarta -

Setelah berjuang melawan penyakitnya, Dorce Gamalama kini telah tiada. Artis multitalenta itu meninggal dunia.

Dorce Gamalama lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi pada 58 tahun lalu. Dorce muda dikenal sebagai pembawa acara, penyanyi, dan aktris.

Panggilan Dorce berawal dari Myrna, yang memimpin tari waria Fantastic Dolls. Hingga akhirnya dia memilih melakukan operasi kelamin di Surabaya pada 1983.

Dorce Gamalama pada 1990 mulai mendapat banyak job di dunia hiburan. Dorce punya dua film yang membuat dirinya jadi bintang utama, yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Dia juga pernah masuk dapur rekaman dan meluncurkan single berjudul Cinta Kendur di Jalan. Saking multitalentanya, Dorce Gamalama mampu menyanyikan lagu dengan berbagai genre, mulai jazz, cha-cha, rock, pop, hingga dangdut.

Dorce Gamalama juga mahir menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, China, Arab, dan India. Dorce pun sempat bergonta-ganti nama panggung.

Dia dikenal dengan nama Dorce Gamalama, Bunda Dorce, dan Dorce Gamalama Halimatussa'diyah. Pada 2005, Dorce pernah booming dengan Dorce Show dan membuat dirinya dijuluki Oprah Winfrey Indonesia.

Kemudian pada 2009 dia membawakan D'Show. Beberapa acara juga pernah dia bawakan, seperti Kencan.

Dorce bahkan mencatatkan namanya dalam rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Untuk urusan pribadinya, Dorce disebut pernah menikah dan punya anak adopsi, yaitu Rizky, Fatimah, dan Khadijah. Hingga akhir hayatnya, Dorce Gamalama aktif dalam kegiatan sosial dan mengurus Yayasan Dorce Halimatussa'diyah.

Dorce meninggal dunia di RSPP Simprug karena COVID-19. Sebelumnya, dalam kondisi sudah berada di kursi roda, Dorce sempat membuat heboh lantaran meminta bantuan kepada Presiden Joko Widodo hingga Megawati.

Selamat jalan, Bunda Dorce!

(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT