Kabar Soimah Meninggal karena Kecelakaan Hoax, Ini Faktanya

Dicky Ardian - detikHot
Selasa, 08 Feb 2022 09:22 WIB
Koleksi tanaman hias milik Soimah
Soimah Foto: Instagram @showimah
Jakarta -

Media sosial digemparkan dengan kabar duka mengejutkan. Dalam sebuah unggahan di TikTok beredar kabar jika Soimah meninggal dunia.

Dari narasi yang dibangun, Soimah disebut tewas dalam sebuah kecelakaan di ruas tol. Kabar itu diunggah oleh akun TikTok @muhammadnur001.

Video itu membagikan hasil tangkapan layar dari sebuah unggahan Facebook akun Belaayu. Dari situ terlihat judul sebuah artikel yang mengabarkan seseorang bernama Sohimah meninggal dunia.

Dari unggahan itu juga terlihat sebuah mobil SUV berwarna putih mengalami kecelakaan. Bagian depan dan atas mobil tampak ringsek.

Terlihat juga beberapa petugas di lokasi kejadian. Di sekitar mobil tampak beberapa barang berserakan.

"Berita duka, selamat jalan untuk selamanya Sohimah. Innalillahi wainnailahi rajiun. Kabar duka menyelimuti..."

Kemiripan nama Sohimah dengan Soimah membuat netizen bingung. Benarkah orang yang dimaksud adalah Soimah Pancawati yang selama ini dikenal sebagai seniman, komedian dan presenter?

Di media sosialnya, Soimah memperlihatkan dirinya baik-baik saja. Pada dua unggahan terbarunya, Soimah tampak berjoget dan mempromosikan sebuah acara yang ia bintangi.

Usut punya usut, foto yang dipakai untuk kabar duka itu sama dengan yang pernah diunggah detikcom dalam artikel berjudul 'Korban Tewas Mobil Terbalik Usai Tabrak Jembatan di Tol Solo-Ngawi Bertambah'.

Di dalam artikel itu dijelaskan terjadi kecelakaan tunggal Toyota Fortuner bernopol AB1402 PY yang terbalik di ruas Tol Solo-Ngawi KM 551.400A. Korban meninggal dunia bertambah menjadi dua orang. Lalu, dua korban lainnya mengalami luka dan dirawat di RS At-Tin Ngawi.

Di dalam artikel itu sama sekali tidak disebutkan ada korban meninggal dunia bernama Sohimah.

Foto yang terpampang adalah hasil dokumentasi PJR Polda Jatim.

(dar/wes)