Aliando Syarief Idap OCD, Prilly Latuconsina Tak Tahu

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 01 Feb 2022 16:31 WIB
Aliando & Prilly Latuconsina saat ditemui di peluncuran aplikasi Hush di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2015).
Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Aliando Syarief mengalami gangguan kesehatan mental. Ia mengidap Obsessive compulsive disorder (OCD).

OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderita melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Mengenai hal itu, Prilly Latuconsina pun baru mengetahuinya.

Selama kenal, Prilly Latuconsina tidak tahu menahu soal sakit yang diidap oleh mantan kekasihnya itu. Ia juga enggan menanggapi terlalu jauh mengenai sakit yang dialami oleh Aliando Syarief.

"Jujur aku nggak tahu apa-apa soal itu, jadi kayak aku nggak berani komentar," ujar Prilly Latuconsina saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022).

Prilly Latunconsina takut salah bicara. Karena masalahnya sangat sensitif mengenai gangguan kesehatan mental.

"Balik lagi isu mental health tuh sensitif banget jadi nggak mau sampai salah ngomong, nggak mau sampai sok tahu karena aku nggak tahu diagnosanya kan," tutur Prilly Latuconsina.

Prilly Latuconsina sampai membuat film drama psikologis. Ia menggandeng Umay Shahab untuk menyutradarai film Kukira Kay Rumah.

"Makannya itu dia di film ini kita mau kasih tahu bahwa kita jangan mendiagnosa kita sendiri, dan jangan juga mendiagnosa orang lain," imbuh Prilly Latuconsina.

Karena kalau kita bukan psikiater atau psikolog, kita nggak punya hak mendiagnosa orang lain, 'lo kayanya ini deh' orang mood swing dikit 'lu bipolar ya', ya nggak lah.. Lo harus ke psikolog dulu atau ke psikiater," sambungnya.

Meskipun begitu, Prilly Latuconsina sangat bangga dengan kejujuran Aliando Syarif. Ia sampai mau berbagi kisahnya itu kepada masyarakat luas.

"Aku salut banget karena aku salah satu yang ngaku dan aku tahu itu tidak mudahlah. Kita menerima dan akhirnya kita beri tahu orang lain. Jadi aku salut banget," kata Prilly Latuconsina.

(hnh/dar)