Komnas PA Bakal Selalu Dilibatkan untuk Mediasi Hak Asuh Gala Sky

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 07 Jan 2022 18:27 WIB
h faisal
Arist Merdeka Sirait dan Faisal Foto: Ahsan Nurrijal
Jakarta -

Sidang perwalian Gala Sky Ardiansyah hingga saat ini masih dalam tahap mediasi antara pihak Haji Faisal dan Doddy Sudrajat.

Agenda sidang yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat tersebut akan kembali dilanjutkan pada 12 Januari 2022 mendatang.

Dalam agenda sidang perwalian Gala, Sandy Arifin selaku kuasa hukum Haji Faisal mempercayakan Arist Merdeka Sirait, ketua Komnas Perlindungan Anak untuk membantu melakukan proses mediasi dengan pihak Doddy Sudrajat.

"Karena beliau sudah menyampaikan ke kita bahwa memang sudah percaya dengan Pak Arist. Jadi kalau misalkan ada yang mau membantu silahkan, kita sudah percaya dengan beliau, karena beliau posisinya orang netral dan juga lembaganya, kami percaya kepada Pak Arist. Insyaallah mungkin bisa membantu kita memediasi dengan pihak sana," ujar Sandy Arifin ketika ditemui di kawasan Srengseng, Jakarta Barat, Kamis (6/1/2022).

Walaupun nantinya dari pihak ayah mendiang Vanessa Angel akan melibatkan pihak lain untuk mediasi, Sandy Arifin tidak mempersilahkan hal tersebut. Namun, yang pasti prosesnya harus tetap melibatkan Komnas Perlindungan Anak.

"Silahkan nggak apa apa, tapi kita tetap melibatkan lembaganya Pak Arist (Komnas Perlindungan Anak)," tegas Sandy.

Lebih lanjut, Sandy juga menjelaskan jika dalam upaya mediasi apapun, sebisa mungkin harus melibatkan Komnas Perlindungan Anak sebagai pihak netral.

"Betul (akan selalu melibatkan), dari tadi kita sudah sepakat dengan Pak Faisal bahwa siapapun dalam upaya mediasi kita akan melibatkan beliau (Arist)," pungkasnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Sandy Arifin, beberapa saat sebelumnya Arist menegaskan jika dirinya siap jika diminta sebagai saksi ahli dalam sidang perwalian Gala nantinya.

"Saya kira sebagai pekerja Komnas PA jika diminta saya jadi saksi ahli saya hadir, mau sampai ke ufuk timur juga saya datang, orang tahu saya hadir tidak sebagai perorangan tapi lembaga, itulah fungsi dari Komnas PA. Siap!" tegasnya Arist usai melakukan visit di kediaman Haji Faisal.

(dar/dar)