Perjalanan Dea Ananda 12 Tahun Menanti Kehamilan: Masalah Bukan Cuma dari Perempuan

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 13 Des 2021 13:38 WIB
Dea Ananda hamil anak pertama.
Dea Ananda 12 tahun menanti kehamilan, ingatkan masalah bukan cuma dari perempuan Foto: Instagram
Jakarta -

12 tahun bukan waktu sebentar untuk Dea Ananda akhirnya hamil. Kemarin, Dea Ananda akhirnya umumkan hamil anak pertama.

Dea Ananda menceritakan bagaimana akhirnya dia berhasil hamil melalui program bayi tabung. Mantan artis cilik itu menceritakan soal masalah yang dia alami.

"Aku pernah punya beberapa masalah pada organ reproduksi, PCOS, endometriosis, dan hidrosalping," tulis Dea Ananda dilihat dalam unggahannya.

"Berkat dokter-dokter obgyn yang sabar dan super ramah...@dr.cynthiasusanto.spog dan dokter @m.luky_satria akhirnya aku menjalani minimally invasive surgery di awal," lanjutnya.

Dea Ananda mengungkapkan bahwa sang suami, Ariel 'Nidji' juga mengalami permasalahan hormon. Alhasil keduanya sama-sama menjalani pemeriksaan dan pengobatan.

"@arielnidji pun juga punya permasalahan pada hormonal (sperma kurang) karena pola hidup yang kurang sehat dan juga overweight. Berkat konsultasi dan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis Andrologi @dr.tiarakirana_sp.and di @bocahindonesia_, @arielnidji menjalani terapi dengan obat-obatan, kemudian dipantau perkembangannya setiap bulan hingga bulan ketiga," cerita Dea Ananda.

Perjuangannya menanti kehamilan selama 12 tahun membuat Dea Ananda sadar permasalahan tidak hanya bisa datang dari faktor perempuan. Suami dan istri harus sama-sama mencari tahu apa yang terjadi pada kondisi kesehatannya.

"Di sini aku mau share kalau masalah kesuburan bukan cuma dari faktor perempuannya aja tetapi juga bisa dari faktor laki-lakinya," tegas Dea Ananda.

Dea Ananda dan Ariel 'Nidji' menikah pada 9 Agustus 2009. Tak jarang Dea Ananda mendapat pertanyaan soal kehamilan selama ini.

Tak merasa terbebani, Dea pernah menganggap hubungan rumah tangganya dan Ariel seperti pacaran versi halal. Apalagi mereka belum juga dikaruniai anak.

"Pertanyaan yang sering ditanya.. selain 'kapan/kenapa soal anak', adalah : Sudah menikah belum ? Lucu juga sering dikira masih pacaran," ungkap Dea Ananda suatu saat dalam kolom di akun Instagram pribadinya.



Simak Video "Dea Ananda Melahirkan Anak Pertama Usai 12 Tahun Menikah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)