ADVERTISEMENT

Baim Wong Bicara Sedekah dengan Rhoma Irama, Hasilnya Terlalu Indah

Desi Puspasari - detikHot
Sabtu, 11 Des 2021 18:28 WIB
Baim Wong saat berbincang dengan Rhoma Irama.
Baim Wong saat berbincang dengan Rhoma Irama. Foto: YouTube
Jakarta -

Baim Wong sampai saat ini masih dikenal sebagai YouTuber yang senang berbagi dan sedekah. Hal itu ternyata membuat Rhoma Irama merasa ingin mengulik apa yang jadi motivasi Baim Wong.

Dalam bincang-bincang Baim Wong bersama Rhoma Irama di Bisikan Rhoma, dia menjawab pertanyaan sang Raja Dangdut soal apa yang jadi motivasinya membuat konten berbagi.

"Saya melihat Anda punya vlog atau podcast suka berbagi ke orang yang kurang beruntung. Apa motivasinya?" tanya Rhoma Irama dilansir dari channel YouTube-nya, Sabtu (11/12/2021).

"Sebenarnya sih kalau dibilang motivasi atau apa pun itu nggak ada. Itu sesuatu hal yang saya bilang adalah salah satu yang bisa bahagiain saya, ya itu. Sebelum ada media sosial, yang tahu mengenai saya kan keluarga pastinya, orang terdekat. Terkadang mereka pun tahu saya punya sifat, terkadang mengorbankan diri sendiri buat orang lain," jawab Baim Wong.

Menurut Baim Wong saat itu kondisi perekonomiannya tidak seperti sekarang. Baim Wong dulu mengatakan lebih baik melihat orang tidak kesusahan.

Alhasil, dirinya selalu berdoa agar sifat itu tidak pernah dicabut oleh Tuhan. Sifat itu yang membuatnya selalu merasa senang dan bahagia.

Baim Wong saat berbincang dengan Rhoma Irama.Baim Wong saat berbincang dengan Rhoma Irama. Foto: YouTube

"Sampai sekarang doa sama Allah ya Allah jangan sampai ya ambil sifat saya yang ini. Dalam hati langka, kok saya senang melihat orang lain bahagia. Doa sampai sekarang," ungkapnya.

"Saya kasih uang dibalikinnya berkali-kali lipat. Kalau misalnya memotivasi nggak ada. Karena memang saya suka aja barangkali," tukasnya.

Mendengar pernyataan Baim Wong, Rhoma Irama mengaku kagum. Rhoma Irama pun memberikan sedikit nasihat soal sedekah.

Bagaimanapun, sedekah yang dilakukan Baim Wong tak dipungkiri menuai pro dan kontra. Banyak juga yang menyebut Baim Wong berbagi hanya untuk konten.

"Segala perbuatan itu ada niatnya, di atas niat itu amalan seseorang dinilai. Jelas niat Anda Lillahitaala, niatnya membahagiakan orang. Masyaallah. Bersyukur, bersyukur, bersyukur, kalau Anda diberikan hati seperti itu," pesan Rhoma Irama.

"Seandainya kamu bersedekah terang-terangan itu khoir, itu baik. Tapi kalau kamu sembunyi-sembunyi, kamu serahkan ke fakir miskin, itu lebih baik lagi. Sedekah itu salah satu manfaatnya akan menghapuskan dosa-dosa kita, terang-terangan atau sembunyi-sembunyi. Allah sudah tahu apa yang ada di hati kita," tukas Rhoma Irama.

Baim Wong pun menuturkan bagaimana aksinya berbagi dan disiarkan di YouTube kerap memunculkan perdebatan. Itu yang membuat Baim Wong terus mencari tahu apakah hal yang dia lakukan benar atau salah di mata Islam.

"Saya mau hasil akhirnya pahala, benar apa nggak (yang dilakukannya tanya) sama ustaz yang terakhir itu sama Aa Gym. Aa Gym bilang, 'Baim kalau misalkan sedekah untuk terang-terangan itu boleh. Alangkah baiknya itu kalau nggak ketahuan sama orang, itu lebih banyak,'" ungkap Baim Wong.

Baim Wong menceritakan permasalahannya dengan Kakek Suhud yang sempat heboh, dan dikatakan olehnya peristiwa itu nyaris membuat dirinya membuka semua apa yang sudah dia lakukan untuk orang lain tanpa ada kamera. Baim Wong berhasil menjaga hal itu tidak keluar dan menyelesaikan dengan cara lain tanpa harus memperlihatkan pembenaran untuk dirinya.

"Ketika saya cerita udah kalah. Apa yang mereka tidak tahu, apa yang Paula tidak tahu pun. Akhirnya buat saya, saya belajar banyak dari kejadian yang saya alami. Saya nyelamatin ulang tahun buat Presiden aja dikata cebonglah, apa, saya ngobrol sama Ustaz Felix jadi bahan bully, banyak sekali kejadian akhirnya saya belajar," tuturnya.

"Saya tidak pernah melihat apa yang negatif ke saya, saya selalu berusaha berpikir positif menyelesaikannya bagaimana. Bagi saya memang awalnya terlalu indah, semenjak saya nikah sama Paula, punya anak lucu, istri cantik, rezeki ada, terlalu indah. Suka menunggu apa sih cobaannya," tukas Baim Wong.

Baim Wong merasa semua yang dialami selama ini terlalu indah. Oleh karena itu, dirinya kerap bertanya apa cobaan yang akan datang padanya.

"Saya tahu setiap manusia ada cobaannya. Saya takut cobaannya melampaui saya karena semua terlalu indah. Terlalu indah dengan kejadian ini, ya alhamdulillah menyenangkan buat saya. Saya nggak pernah lihat musibah sesuatu yang jelek tapi sesuatu yang bagus," kata Baim Wong.



Simak Video "Baim Wong Bicara soal Tudingan 'Created by the Poor, Stolen by the Rich'"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT