Siskaee Disebut Kena Kutukan Pahlawan Kulon Progo

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 07 Des 2021 12:35 WIB
Tangkapan layar video saat polisi membawa Siskaeee ke kos untuk penggeledahan, Minggu (5/12/2021).
Siskaee Disebut Kena Kutukan Pahlawan Kulon Progo. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Siskaeee ditangkap oleh polisi. Ia diamankan di Bandung, Jawa Barat usai aksinya memamerkan payudara di Bandara Yogyakarta.

Tertangkapnya Siksaeee diyakini tak lepas dari kutukan. Pahlawan Kulon Progo keturunan Sunan Kalijaga disebut marah dengan aksi tak senonoh selebritas media sosial itu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito. Ia mengatakan betapa kentalnya pengaruh Nyi Ageng Serang di kabupaten yang bagian selatan berbatasan langsung dengan Laut Kidul dan bagian barat daya adalah Pegunungan Manoreh.

"Bandara YIA sendiri memiliki spirit Nyi Ageng Serang," kata Joko Mursito, kepada wartawan belum lama ini.

Seperti diketahui, Bandara Yogyakarta International Airport terletak di Kabupaten Kulon Progo. Sebelum diberi nama itu, bandara tersebut nyaris akan dinamakan Bandara Nyi Ageng Serang.

Namun agar tak terlalu mencolok, namanya diubah menjadi New Yogyakarta International Airport (NYIA).

"NYIA itu sebenarnya singkatan dari Nyi Ageng. Huruf N kemudian dihilangkan, karena kalau bandara sudah berumur 5 atau 10 tahun, kata new kurang tepat," imbuh Joko Mursito.

Joko  Mursito ingatkan Siskaeee.Joko Mursito ingatkan Siskaeee. Foto: Hanif Hawari

Walaupun tidak ada nama Nyi Ageng Serang, sosok legendaris tersebut tetap ada. Di gerbang bandara, terdapat patung perempuan setinggi 9 meter. Masyarakat mengenalnya sebagai patung Hamemayu Hayuningrat yang artinya Ibu Bumi Bapak Angkasa.

"Patung perempuan itu sesungguhnya Nyi Ageng Serang," ungkap Joko.

Warga Yogyakarta dikenal sebagai warga yang menghormati para leluhurnya. Salah satunya dengan pantang melakukan hal-hal terlarang. Banyak kasus seperti Siskaeee dan belum semua berakhir menjadi pesakitan.

Diberitakan sebelumnya, wanita berinisial FCN (23) mengumbar auratnya secara vulgar. Ia beradegan seks berupa masturbasi di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada tanggal 18 Juli 2021.

Keesokan harinya, wanita asal Sidoarjo itu mengunggah video mesumnya di website berbayar yang berbasis di Amerika Serikat melalui akun siskaeee_Ofc. Lalu pada 30 November 2021, video tersebut beredar di Twitter dengan akun @RARE 96 dengan durasi 1 menit 2 detik.

(hnh/mau)