Kini Jadi Anak Vespa, Vino G Bastian: Persaudaraannya Kental Sekali!

Faizal Amiruddin - detikHot
Minggu, 05 Des 2021 21:26 WIB
Vino G Bastian
Kini Jadi Anak Vespa, Vino G Bastian: Persaudaraannya Kental Sekali! (Foto: Faizal Amiruddin)
Pangandaran -

Hobi berkendara atau mengoleksi kendaraan roda dua telah menjadi bagian dari gaya hidup para pesohor Tanah Air. Tak hanya sepeda motor bermesin besar yang dilirik kalangan artis, namun skuter lawas juga tak luput dari perhatian.

Salah satunya aktor Vino G Bastian. Bintang film Realita Cinta dan Rock'n Roll itu belakangan gandrung terhadap vespa klasik.

"Saya suka vespa karena diracunin abang saya tuh, dia kan main vespa," kata Vino usai acara Munas Scooter Owners Group (SOG) Indonesia di Pantai Pangandaran, Minggu (5/12/2021).

Vino menjelaskan pada awalnya dia gemar mobil-mobil lawas. Namun, dia merasakan banyak kendala, terutama kelangkaan sparepart dan lainnya.

"Saya awalnya suka main mobil-mobil tua, kayak Holden, Impala, dan sejenisnya. Tapi kendalanya kalau misalkan trouble, order sparepart-nya lama. Habis itu ngelihatin abang saya main vespa. Saya coba pakai, lama-lama kok enak ya," kata Vino.

Dia yang sudah teracuni kemudian mencari vespa hingga kini sudah memiliki 2 unit vespa klasik. Salah satunya adalah Vespa Super keluaran tahun 1966.

"Kalau saya suka yang patina, yang masih asli gitu. Senang saja, terus dia semakin lama, semakin mahal," kata Vino. Patina sendiri adalah istilah warna cat atau logam kendaraan asli keluaran pabrik, namun telah mengalami penuaan sehingga terjadi perubahan warna dan corak khas.

Selain tertarik dengan kendaraannya, Vino juga mengaku terkesan dengan rasa persaudaraan sesama skuteris (pengendara vespa tua) yang sangat kental. Istilah satu vespa sejuta saudara menurut dia benar adanya dan menjadi spirit bersama semua skuteris.

"Terus vespa tuh yang paling penting persaudaraannya kental sekali. Kita mogok di mana, ditolongin. Ketemu di mana saja, saling menyapa, nggak sungkan. Dari situ, saya makin suka main vespa," kata Vino.

Vino mengaku beberapa kali mogok ketika naik vespa. Namun menurut dia, itu tak jadi masalah.

"Mogok ya pasti pernah. Namanya kendaraan tua pastilah. Tapi kalau vespa tiap hari sudah kita pegang, biasanya kita sudah tahu, penyakitnya pasti ini, jadi sudah nggak kelimpungan lagi," kata Vino.

Namun demikian dia mengatakan sistem kerja mesin skuter lawas buatan Italia ini relatif simpel. Masalah-masalah mesin yang terjadi biasanya hanya seputar pengapian dan suplai bensin ke dapur pacu.

"Menurutku mesin vespa simpel ya, nggak terlalu ribet. Palingan masalahnya busi sama urusan bensin," katanya.

Dia mengaku sejauh ini belum pernah touring jauh ke luar kota naik vespa.

"Sejauh ini riding vespaan baru seputar Jabodetabek. Ke depan saya pasti coba yang agak jauh," katanya seraya mengatakan dirinya memang harus membagi waktu antara hobi dengan pekerjaan.



Simak Video "Di Balik Alasan Vino G Bastian Hanya Follow Instagram Marsha Timothy"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/mau)