Hari AIDS Sedunia, Ini 5 Artis Terinfeksi HIV

ADVERTISEMENT

Hari AIDS Sedunia, Ini 5 Artis Terinfeksi HIV

Nugraha - detikHot
Rabu, 01 Des 2021 14:47 WIB
Twibbonize Hari AIDS Sedunia penting digunakan untuk merayakan semarak Hari AIDS Sedunia 2021
Hari AIDS sedunia, ini 5 artis yang terinfeksi HIV-AIDS Foto: iStock
Jakarta -

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Peringatan itu sebagai pengingat bahaya penyakit tersebut.

Setiap tahunnya, ada banyak pesan yang selalu digalakkan mengenai bahaya HIV-AIDS. Tak sedikit dari public figure yang terinfeksi AIDS.

Hari AIDS sedunia juga mengingatkan kita pada sosok-sosok besar di dunia hiburan. Ada lebih banyak yang terjangkit AIDS, tapi 5 di bawah ini yang paling banyak dibicarakan:

Berikut 5 artis yang terinfeksi HIV-AIDS:

1. Gia Carangi

Gia CarangiGia Carangi (Foto: dok. Istimewa)

Gia Carangi disebut-sebut sebagai supermodel pertama di dunia. Tiga huruf nama awalnya, Gia, kala itu cukup mengguncang mata dan telinga industri fashion era '70-an dan '80-an.

Gia meninggal pada usia 26 karena AIDS, diduga setelah kecanduan heroin, pada 18 November 1986. Dia adalah salah satu wanita terkenal pertama yang didiagnosis dengan AIDS pada 80-an.

Saat itu, orang mengira hanya pria gay yang bisa tertular virus. Faktanya, wanita gay atau lesbian sepertinya pun tertular HIV.

2. Freddie Mercury

Freddie MercuryFreddie Mercury (Foto: dok. Freddie Mercury)

Freddie Mercury merupakan vokalis band Queen yang kini jadi legenda. Freddie Mercury terinfeksi HIV-AIDS, bahkan meninggal disebut gara-gara komplikasi penyakit tersebut.

Freddie Mercury meninggal dunia pada 24 November 1991. Ia terlahir dengan nama Farrokh Bulsara, setelah bergabung dengan Queen, Freddie Mercury, menjelma jadi sosok yang diagungkan para penggemar. Kehidupan malam, pesta, dan tentu saja hubungan sesama jenis jadi salah satu kebiasaan yang dianggap menularkan AIDS.

Gaya hidup Freddie Mercury juga diabadikan lewat film Bohemian Rhapsody.

3. Magic Johnson

EL SEGUNDO, CA - JUNE 26:  President of basketball operations Magic Johnson answers question from the media during a press conference to introduce the team's 2018 NBA draft picks at the UCLA Health Training Center on June 26, 2018 in El Segundo, California. Moritz Wagner was chosen with the 25th overall pick and Sviatoslav Mykhailiuk with the 47th pick.  TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and/or using this Photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.  (Photo by Jayne Kamin-Oncea/Getty Images)Magic Johnson (Jayne Kamin-Oncea/Getty Images)

Magic Johnson merupakan mantan bintang NBA. Pebasket itu besar di LA Lakers. Magic Johnson jadi public figure yang juga buka-bukaan tentang HIV.

Ia sudah 30 tahun hidup sebagai ODHA atau orang dengan HIV-AIDS. Magic Johnson juga jadi bukti kemajuan dalam bidang kedokteran yang telah mengubah human immunodeficiency virus (HIV) dari hukuman mati menjadi sesuatu yang dapat dikelola.

Magic Johnson awalnya didiagnosis terinfeksi virus itu sebelum musim NBA 1991/1992. Johnson ingat kehancuran diagnosisnya, dan mengatakan bahwa bagian tersulit adalah harus memberi tahu istrinya, orang yang baru saja dinikahinya, dan hamil anak mereka.

"Itu sulit karena saya sangat mencintainya dan saya benci menyakitinya," kata Magic Johnson.

4. Charlie Sheen

HOLLYWOOD, CA - APRIL 11:  Actor Charlie Sheen arrives at the Dimension Films' 'Scary Movie 5' premiere at the ArcLight Cinemas Cinerama Dome on April 11, 2013 in Hollywood, California.  (Photo by Jason Merritt/Getty Images)Charlie Sheen (Jason Merritt/Getty Images)

Charlie Sheen buka-bukaan tentang dirinya mengidap HIV pada akhir 2015. Ia awalnya merahasiakan penyakit tersebut.

Ia mengaku takut rahasia besarnya itu terungkap. Tapi kala itu, ia pun bicara secara resmi tentang penyakitnya itu.

Alasannya, ada yang menuduh ia menularkan penyakit tersebut kepada kekasihnya. Charlie menegaskan tak pernah menularkan HIV kepada siapa pun.

Charlie Sheen dikabarkan menghabiskan setidaknya Rp 68 miliar untuk membuat para saksi merahasiakan HIV yang diidapnya sebelum pada akhirnya mengaku.

5. Jonathan Van Ness

LOS ANGELES, CA - SEPTEMBER 09:  Jonathan Van Ness and Erin Gibson attend the 2018 Creative Arts Emmys Day 2 at Microsoft Theater on September 9, 2018 in Los Angeles, California.  (Photo by Alberto E. Rodriguez/Getty Images)Jonathan Van Ness (Alberto E. Rodriguez/Getty Images)

Jonathan Van Ness merupakan bintang serial televisi yang juga penulis buku 'Over The Top'. Dalam buku tersebut, Jonathan Van Ness juga membahas seputar HIV.

Jonathan Van Ness yang juga merupakan penata rambut yang punya acara di Netflix buka-bukaan di sana.

"Saya mengalami mimpi buruk setiap malam selama tiga bulan terakhir karena saya takut menjadi rentan dengan orang-orang ini."

"Sulit bagi saya untuk bersikap terbuka seperti yang saya inginkan ketika ada hal-hal tertentu yang belum saya bagikan secara publik," katanya.



Simak Video "WHO Soroti Ketimpangan Perawatan HIV di Hari AIDS Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT