Jena Dammaya Jual Koleksi Foto, Waspada yang Sebar Disanksi Rp 500 Juta

Mauludi Rismoyo - detikHot
Sabtu, 20 Nov 2021 08:07 WIB
jena dammaya
Jena Dammaya Jual Koleksi Foto, Waspada yang Sebar Disanksi Rp 500 Juta. (Foto: dok instagram)
Jakarta -

Jena Dammaya mengaku menjual foto di sebuah platform digital. Cewek berpostur 170 cm itu pun punya beragam koleksi usai mendapat dukungan dari fans.

Jena Dammaya sendiri merupakan seorang gamer dan selebgram. Saat ini, ia punya 475 ribu followers di Instagram.

Wanita kelahiran 17 Oktober 2000 itu mengungkapkan alasan menjual koleksi foto. Jena Dammaya memang ingin melakukan hal tersebut untuk mencari uang.

"Ya jual saja misal fans nih, tapi banyak juga sih yang gak beli cuma dukung saja. Di Trakteer tuh sebenarnya kayak YouTube. Kalau YouTube kan subscribe-nya gratis buat nikmatin kontennya. Kalau aku tuh, subscribe-nya mesti bayar," ujar Jena saat ditemui di Green Sedayu Mall, Jakarta Barat.

Jena Dammaya menjual koleksi fotonya dengan harga beragam. Cewek yang sempat jualan keripik pangsit itu banyak mendapat keuntungan dari hal tersebut.

"Bayarnya tergantung aku upload-nya dan maunya berapa suka-suka aku. Biasanya Rp 300 ribu, Rp 500 ribu, kadang kalau kontennya gue suka banget bisa gue taruh Rp 1 juta," tutur Jena.

Selain menjual, Jena Dammaya mendaftarkan hak cipta terkait koleksi foto di platform digital tersebut. Ia memperingatkan soal sanksi Rp 500 juta untuk yang menyebar dan menggunakan secara bebas fotonya.

"Dan foto gue yang di situ gue hak ciptakan. Jadi orang nggak bisa pakai. Dan kalau orang pakai, sudah gue peringati berkali-kali di profil gue ingetin, di Instagram gue ingetin, dan dalam photobook-nya gue peringatin. Kalau ada yang pakai, sebar, kena Rp 500 juta," kata Jena.

Jena Dammaya jual koleksi foto dengan harga beragam di sebuah platform.Jena Dammaya jual koleksi foto dengan harga beragam di sebuah platform. Foto: dok instagram

Jena Dammaya tak menampik pernah menemukan beberapa pihak yang melakukan pelanggaran hak cipta fotonya. Namun ia masih memaafkan, kalau cuma sekali berbuat salah.

"Tapi banyak yang salahgunakan dan banyak juga yang minta maaf sih. Gue tuh tipe orang yang aduh gimana ya, gue tahu lo salah, tapi jangan diulang-ulang. Kalau salah sekali, okelah gue maafin. Tapi kalau sudah gue maafin tapi lo lakuin lagi, itu sudah pasti jalur hukumlah, apalagi dikasih tahu banyak yang ngeyel, sudah hukum saja itu," ujar Jena.

Jena Dammaya pun menjelaskan mengapa suka foto seksi. Sebab ia suka dengan baju-bajunya.

"Bajunya tuh bikin gue nggak kelihatan gendut. Kalau baju lebar tuh bikin gue kelihatan gendut. Jadi gue harus pakai yang sempit biar perutnya kelihatan kecil," pungkas Jena.

(mau/aay)