Kata Ustaz: Memberi Dijadikan Konten Sah-sah Saja, tapi Ingat 5 Hal Ini

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 26 Okt 2021 05:45 WIB
Ustaz Maulana
Foto: Instagram
Jakarta -

Konten berbagi, memberi, untuk sesama ramai diperlihatkan oleh para konten kreator. Bagaimana memberi tapi dijadikan konten?

Kata Ustaz kali ini akan membahas trend yang banyak dilakukan oleh para influencer dan youtuber ini. Ustaz Maulana mengingatkan untuk lebih dulu selalu berpikir positif saat melihat atau menonton konten berbagi.

"Kalau saya sih melihatnya sebagai syiar dan sebagai pembelajaran buat yang lain supaya bisa ikut (terdorong melakukan hal berbagi). Persoalan niatnya terserah, nggak ada masalah," kata Ustaz Maulana kepada detikcom.

"Kadang kala masyarakat itu butuh bukti, butuh contoh, untuk teladan. Jadi tidak apa-apa kalau ada konten-konten seperti itu kita sikapi saja dengan baik bahwa mereka tuh niatnya tulus," tukasnya.

Pria bernama lengkap Muhammad Nur Maulana itu menuturkan sebuah niat itu harus melalui proses. Adanya konten berbagi yang dipertontonkan tidak ada masalah selama mengajak untuk melakukan kebaikan.

Ustaz Maulana juga mengingatkan adanya 5 syarat sedekah. Itu yang harus diingat untuk mereka para artis, influencer, atau youtuber yang ingin berbagi.

"Kalau saya melihatnya dari segi positif saja. Selama tidak menyakiti. Lima kan syarat sedekah itu yang terbaik, niat ikhlas, sasaran tepat, tidak menyakiti, dan tidak mengungkit," pesan Ustaz Maulana.

Untuk para konten kreator, saat melakukan aksi berbagi juga ada hal-hal yang harus dijaga. Jangan sampai niat untuk berbagi, tapi malah membuat orang tersinggung.

"Dijaga saja supaya orang tidak tersinggung, tidak melukai, tidak merasa dipermalukan, tidak menghinakan, itu saja yang harus diperhatikan (oleh para influencer dan youtuber). Kalau persoalan hati manusia kan tidak ada yang tahu," kata Ustaz Maulana.

Sah-sah saja melakukan aksi berbagi dan dijadikan konten. Terlebih konten tersebut bisa menjadi contoh baik dan mengajak penontonnya untuk ikut melakukan aksi tersebut.

"Nggak ada masalah. Saat ini orang butuh contoh, butuh teladan. Kita tidak usah pedulikan omongan netizen, selama kita melakukan yang terbaik, tidak menyakiti, tidak mempermalukan, tidak masalah," tegas Ustaz Maulana.



Simak Video "Proses Pemakaman Istri Ustaz Maulana Dipadati Ratusan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)