Bintang Emon Ungkap Resep Jitu Buat Konten Menarik di Medsos

Yudistira Perdana Imandiar - detikHot
Selasa, 19 Okt 2021 19:56 WIB
Bintang Emon dan Kominfo
Foto: Kominfo
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Siberkreasi mengeksplorasi serba-serbi konten kreatif di media sosial, lewat acara 'Nge-Zoom Bareng Bintang Emon'. Komika Bintang Emon berbagi pengalaman soal proses kreatif untuk konten media sosial.

Dalam acara yang berlangsung pada Sabtu (16/10) itu, Komika jebolan salah satu kompetisi stand up comedy di tv nasional itu mengatakan sebagai seorang public figure, ia harus selalu update dengan perkembangan teknologi terutama dalam penggunaan internet dan media sosial.

Bintang menjelaskan caranya mempresentasikan ide dengan cara terstruktur menjadi konten yang menarik. Ia mengaku banyak ilmu dari stand up comedy yang diaplikasikan dalam pembuatan konten medsos.

"Dari stand Up comedy bisa belajar macam-macam, ada public speaking, kemudian belajar menulis yang sangat dibutuhkan dalam membuat konten. Saat berbicara langsung mungkin tak serapi saat membuat video. Jadi, caranya adalah membuat konsep, point masalah dan argumentasi. Ini disusun sedemikian rupa lalu dibuat video," jelas Bintang dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Bintang Emon dan KominfoBintang Emon Foto: Kominfo

Bintang mengungkapkan proses kreatif membutuhkan waktu yang cukup panjang. Itulah sebabnya ia hanya mengunggah video di Instagramnya satu kali sepekan.

Bintang membocorkan salah satu trik membuat konten yang dapat diterima banyak orang, yakni dengan mengangkat topik-topik kekinian yang sedang populer. Tak jarang, ia juga memberikan komedi satir dengan harapan keresahan masyarakat dapat dipahami figur publik yang bersangkutan.

Bintang berpesan kepada generasi muda agar cepat bertindak, cepat mengikuti perkembangan zaman, dan harus semakin cakap digital.

Selain acara 'Ngezoom Bareng Bintang Emon', Kemenkominfo juga menggelar berbagai kegiatan serta kelas-kelas pelatihan terkait peningkatan kapasitas di bidang digital yang terbuka untuk umum dan gratis. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan-kegiatan tersebut dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

(fhs/ega)