Pakar Gestur: McDanny Tertekan, Sedih dan Takut

tim detikhot - detikHot
Selasa, 19 Okt 2021 12:01 WIB
Jakarta -

Komika McDanny muncul dalam sebuah video permintaan maaf setelah viral dirinya menghina Habib Rizieq. Berikut keterangan pakar gesture.

Pakar gestur Handoko Gani menilai video permintaan maaf McDanny, memperlihatkan dirinya ketakutan. Ada juga gestur sedih dan tertekan.

"Dalam kondisi tertekan, sedih dan takut," ungkapnya kepada detikcom.

Handoko Gani kemudian menjabarkan ketiganya. Ia menyebut ketakutan itu salah satunya karena adanya ancaman di depan mata.

"Misal di depan ada ular, pasti takut. Atau bayang-bayang imajinasi dia soal ular, dia takut juga. Kita nggak tahu dari dua hal itu, kenapa tertekan, saya nggak tahu," ungkapnya.

Melihat adegan dalam video tersebut, Handoko Gani juga mengungkapkan permintaan maaf McDanny sebagai penyesalan.

"Dia meminta maaf, karena takut akan konsekuensi. Kan penyesalan banyak, orang menyesal sudah melakukan sesuatu dan takut konsekuensi. Menyesal itu sebuah perasaan yang sangat kompleks, sulit untuk dianalisis secara parsial," katanya.

Permintaan maaf McDanny diunggah lewat Instagram. Ia beristigfar dan mengucapkan syahadat sebelum akhirnya meminta maaf.

"Saya McDanny ingin mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, kepada ormas-ormas Islam terutama kepada para ulama, para habaib, dan keluarga besar Habib Rizieq karena atas apa yang saya katakan, saya ucapkan, tidak pantas untuk saya katakan," kata McDanny.

"Dan untuk keluarga Habib Rizieq saya berharap bisa bertemu dengan mereka, meminta maaf secara langsung. Sekali lagi saya minta maaf sebesar-besarnya. Saya lupa diri, saya euforia, euforia di panggung. Maafkan saya, maafkan saya, maafkan saya," ujar McDanny.

Sebelumnya, di sebuah acara, McDanny menghina Habib Rizieq. Diduga acara itu digelar di sebuah kelab malam.

"Minum bir di Root's mah halal. Lebih halal dari sabu," ujarnya diselingi bebunyian musik elektronik.

"Dan thank you banget buat cewek-cewek yang berkerudung tapi lo asyik banget, kita ketemu di neraka," katanya lagi.

Setelah itu, dirinya pun melontarkan hinaan untuk Habib Rizieq. McDanny kemudian terlihat berjoget sambil mengangkat tangannya.

Bak menyadari kesalahnnya, "Kalau ada polisi gue kena nih," ujarnya lagi sebelum mengganti topik candaannya.

(nu2/nu2)