Kesehatan Selebriti

Sempat Mengkhawatirkan Gegara Pendarahan Otak, Tukul Arwana Kini Bisa Tertawa

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 09 Okt 2021 16:10 WIB
Tukul Arwana saat tampil di acara Hitam Putih.
(Foto: Pool/Ismail/detikFoto) Sempat Mengkhawatirkan Gegara Pendarahan Otak, Tukul Arwana Kini Bisa Tertawa
Jakarta -

Tukul Arwana kini menunjukkan perkembangan terbaik untuk kesehatannya yang sempat menurun beberapa waktu lalu. Dikatakan manajernya, Rizki Kimon, Tukul Arwana kini sudah bisa tertawa.

"Masih bergumam sih sejauh ini tetapi sudah respons kayak kemarin sudah ketawa-tawa," ujar Rizki Kimon saat dihubungi baru-baru ini.

"Diledekin sama putrinya, Mbak Vita terus kalau Bahasa Jawa (Tukul) sudah bisa ngekek, terbahak mungkin ya (bahasa Indonesianya)," kata Rizki Kimon lagi.

Lantas kapan Tukul Arwana diperbolehkan untuk pulang? Rizki Kimon menjelaskan soal masalah itu. Dikatakannya jika kesehatannya terus membaik, maka Tukul Arwana secepatnya diperbolehkan pulang.

"Ya, kalau misalkan memang kondisinya terus membaik insyaallah minggu depan sudah diperbolehkan pulang," papar Rizki Kimon.

Rizki Kimon menjelaskan, dokter yang merawat Tukul Arwana bahkan meminta agar komedian itu tak berada di rumah sakit terlalu lama. Tukul Arwana justru akan lebih sehat ketika sudah kembali ke rumah.

"Jadi, kalau di rumah lebih sehatlah karena kalau di rumah sakit sirkulasi udaranya itu itu saja," tutur Rizki Kimon.

"Jadi, seperti dokter pernah bilang di luar negeri selesai operasi langsung pulang, nggak boleh terlalu lama. Katanya sih demi untuk kesehatan pasien. Jadi, kalau memang memungkinkan boleh pulang," tambahnya.

Tukul Arwana sebelumnya dilarikan ke rumah sakit pada Rabu, 22 September 2021. Saat itu Tukul Arwana juga sudah menjalani operasi pada malam harinya.

Berdasarkan keterangan dokter, Tukul Arwana mengalami hipertensi saat dibawa ke rumah sakit.

"Saat kami terima pasien dalam kondisi hipertensi. Terdeteksi sekitar 200-an tensinya," ujar dokter Sardiana Salam beberapa waktu lalu.

"Pada saat kami lakukan pemeriksaan secara lengkap, terjadi pendarahan luas. Kemungkinan besar itu adalah suatu respons pendarahan yang spontan karena hipertensi," tambahnya.

Hingga kini, Tukul Arwana masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Cawang, Jakarta Timur.

Tonton juga liputan Viral tempat menonton sunset asyik di pantai utara Jakarta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(wes/aay)