Jeff Smith Sesali Tergoda Narkoba, Ini Pelajaran yang Didapat

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 16 Sep 2021 19:24 WIB
Jeff Smith
Jeff Smith menyesal pernah coba narkoba, banyak pelajaran yang dia dapat setelah masuk penjara Foto: Dok. Instagram/mr.jeffsmith
Jakarta -

Jeff Smith sudah bisa berkumpul lagi bersama dengan ibunda dan orang-orang yang dia sayangi. Jeff Smith akhirnya bebas dari penjara karena narkoba.

Kekasih pesinetron Aisyah Aqilah itu mengaku mendapat banyak pelajaran selama dirinya di dalam penjara. membuat Jeff Smith sangat menyesal adalah dirinya terpaksa harus jauh dari keluarga.

"Banyak banget pelajaran yang didapat sih, pertama mungkin yang paling saya dapetin itu, betapa berharganya orang yang aku sayangi. Hidup tanpa mereka itu rasanya beda banget. Walaupun beberapa kali kita tetap bisa kontekan, tapi nggak sesering di rumah, ya itu sih," ungkap Jeff Smith dalam wawancara virtual.

"Orang yang saya sayang sangat punya porsi besar dalam hidup saya. Gue kayaknya nggak bisa hidup deh tanpa mereka, orang yang gue sayangin," lanjutnya.

Jeff Smith menyesali bisa terjerumus dan mengonsumsi narkoba. Akan tetapi, dirinya tak mau berlarut dalam kesedihan meratapi nasib.

Dirinya berusaha memperbaiki diri dan melewati konsekuensi yang harus dia terima karena kesalahannya sendiri.

"Kedua, gue cukup menyesali sih karena gue udah melakukan kesalahan dan dosa. Makanya gue menyadari itu, tapi gue nggak mau sedih berlarut-larut karena masalah udah terjadi, step berikutnya gue harus cari solusinya," ucapnya.

"Karena gue sadar gue udah buat dosa solusinya gue harus deketin diri sama Tuhan, di sana beda banget. Gue benar-benar sadar, gue bukan apa-apa tanpa Tuhan, semua yang terjadi itu atas izin Tuhan," sambung Jeff Smith.

Berada di dalam penjara, Jeff Smith justru banyak mendapat teguran untuk bisa menghargai hal-hal kecil. Jeff Smith diajarkan untuk hidup dengan orang-orang baru dan bertahan.

"Betapa berharganya hal-hal kecil, segalanya, dari makanan, even makanan yang mungkin kita nggak sukain, tapi ketika orang dapat makanan yang nggak kita sukain itu sebegitu berharganya. Jadi apapun makannya harus kita habisin, harus ambil porsi secukupnya," tutur Jeff Smith.

"Di sana juga kan aku nggak sendirian, aku belajar bertahan hidup dengan orang baru, hidup dengan toleransi yang lebih besar, karena kita dipertemukan dengan orang baru yang kita nggak kenal. Ini mau nggak mau kita jalani bersama, suka nggak suka ya kita harus toleransi bersama."

Setelah bebas dari penjara, Jeff Smith janji akan menjadi sosok dan pribadi yang lebih baik. Hal itu juga diharapkan oleh sang bunda.

"Terutama dari diri sendiri sih, kayaknya nggak akan ada yang bisa mengubah kalau diri sendiri belum mau. Terus mungkin dari lingkungan kita harus menyadari mana teman yang benar, mana teman yang baik yang support karier aku, keluarga aku, itu harus aku sadarin banget," ucap Jeff Smith.

"Semoga ke depan Jeff bisa jauh lebih baik lagi dalam banyak hal ya ibadah, karier, segala macam lebih hati-hati dalam berteman dan bergaul," sambung ibunda Jeff Smith.



Simak Video "Jeff Smith Petik Banyak Hikmah Usai Lima Bulan di Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)