Gaya Nyabu 'Heisenberg' Coki Pardede Diduga Belajar Otodidak

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 03 Sep 2021 13:03 WIB
Komika Coki Pardede Ditangkap terkait sabu
Gaya Nyabu 'Heisenberg' Coki Pardede Diduga Belajar Otodidak (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Cara Coki Pardede menggunakan sabu menjadi sorotan polisi. Bagaimana tidak, menurut pihak Polres Metro Tangerang Kota cara tersebut tidak lazim dilakukan.

Melalui Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan pada Coki Pardede saat ini berkaitan dengan cara pakai sabu versinya.

Dalam mengkonsumsi sabu, Coki Pardede mengaku menimbang dosis yang pas. Berkaitan dengan hal ini, Pratomo Widodo menyebut Coki Pardede sudah pandai mengkonsumsi sabu dengan cara tersebut.

"Iya paham (Coki Pardede terkait penggunaan sabu)," ujar Pratomo saat dihubungi, Jumat (3/9/2021).

Pratomo Widodo menambahkan, Coki Pardede belajar melarutkan sabu dan menyuntikan pada tubuh secara otodidak. Coki Pardede diduga sebelumnya sempat mengatur dosis sabu yang hendak dikonsumsinya.

"Dia otodidak kayaknya, tapi dia harus menyesuaikan dosisnya," tegas Pratomo Widodo.

Pratomo Widodo mengaku belum dapat menjelaskan lebih lanjut. Sore hari nanti ia baru akan menjelaskan kelanjutan pemeriksaan Coki Pardede.

"Sekarang masih pemeriksaan, nanti sore lah kita umumkan," tutur Pratomo Widodo.

Sebagai tambahan, Coki Pardede dikonfirmasi sudah mengkonsumsi narkoba sejak delapan bulan lamanya. Hal itu diungkapkan Pratomo Widodo, baru-baru ini.

Mengenai jangka waktu pemakaian, Pratomo Widodo menegaskan Coki Pardede adalah golongan pecandu narkotika.

"Delapan bulan, ya. Dia (Coki) pecandu ini," ujar Pratomo.

Usai penangkapan, muncul video-video lama Coki Pardede di media sosial. Termasuk saat sang komika bersama partnernya, Tretan Musim mengundang polwan.

Dalam potongan video, petugas mengisahkan penyelundupan sabu-sabu yang ditempel di celana. Belum juga selesai mengisahkan, Coki Pardede tiba-tiba menimpali efek sabu itu terasa panas di kulit.

"Itu saya tahu dari Breaking Bad," jawab Coki Pardede saat ditanya mengapa dirinya tahu sampai sedetail itu tentang sabu-sabu.

Breaking Bad merupakan serial televisi yang dirilis pada 2008. Serial tersebut, mengisahkan tentang sosok guru kimia, Walter White, yang didiagnosa kanker paru-paru.

Ia merasa hidupnya tak bakal bertahan lama, sehingga mengambil jalan pintas untuk mengeruk banyak uang untuk bekal keluarganya kelak jika ia meninggal. Walter White pun mengajak anak muridnya, Jesse Pinkman buat membantu mengolah sabu.

Jenius kimia itu bahkan bisa membuat sabu paling murni sedunia. Tak butuh waktu lama baginya untuk mulai dibicarakan di kalangan bandar narkoba. Dari situ, ia pun membuat julukan 'Heisenberg', menggambarkan dirinya sebagai chef yang bisa membuat sabu dengan level kemurnian lebih dari 90 persen.

(pig/dar)