Dituduh Bawa Kabur Rp 2,4 M, Mantan Asisten Mgdalenaf Dikenakan Pasal Berlapis

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 01 Sep 2021 15:15 WIB
Jakarta -

Youtuber Mgdalenaf atau Magdalena melaporkan mantan asistennya, Gita Cinta Kintamani Akbar. Sang asisten bahkan dijerat dengan pasal berlapis.

Gita Cinta Kintamani Akbar, mantan asisten Mgdalenaf dilaporkan oleh sang youtuber terkait dugaan penipuan, penggelapan uang, pencucian uang, dan pemalsuan surat.

Laporan tersebut dilayangkan di Polda Metro Jaya pada 12 Agustus 2021 atas nama pelapor Magdalena Fridawati. Adapun nomor laporan dijelaskan Dilla selaku admin Mgdalenaf saat dihubungi detikcom, Rabu (1/8/2021).

"LP/B/3893/VIII/2021/SPKT POLDA METRO JAYA, Tanggal 12 Agustus 2021 atas nama pelapor Magdalena Fridawati," jawab Dilla.

Pada 31 Agustus 2021, Mgdalenaf juga menjelaskan pasal-pasal yang menyangkut laporannya. Adapun pasal yang dijeratkan kepada mantan asistennya yang diduga membawa kabur uang Rp 2,4 miliar.

"Pasal yang disangkakan ada di Padal Pidana 374 tentang penggelapan uang dalam jabatan, lalu Pasal 378 untuk penipuan, lalu Pasal 263 untuk pemalsuan surat, dan Pasal 3 dan 5 untuk pencucian uang. Mungkin akan berkembang ya nantinya," tutur Mgdalenaf.

Sementara itu, untuk ancaman hukuman dari pasal-pasal tersebut Mgdalenaf mengaku belum dapat menjabarkannya. Ia merasa bukan ranahnya membahas persoalan itu.

"Bukan urusan aku itu ya (ancaman hukuman)" tutur Mgdalenaf.

Diketahui, Gita merupakan asisten Mgdalenaf yang bekerja menerima endorse dari pihak UMKM. Namun, Gita beberapa kali menerima endorse tapi tak disampaikan ke Mgdalenaf.

Uang yang sudah ditransfer pihak UMKM langsung dikirim ke rekening Gita. Uang tersebut diduga digunakan Gita untuk kepentingan pribadinya.

Mgdalenaf juga sudah meminta Gita dan mencari solusi atas perbuatannya itu. Namun, Gita tak dapat memberikan solusi apapun dan hanya diam saja.

"Karena ada keluhan dari klien, dan dari Gita tidak memberikan solusi apa-apa. Lalu pada April langsung putus kerja ya, harusnya Mei ya. Saat audit kita itu dapat barang bukti yang kuat dari HP kerjanya ya (milik Gita)" tutur Mgdalenaf.

Komunikasi hingga pertemuan Gita dan Mgdalenaf kini diakui sangat jarang. Lalu Mgdalenaf pun mengambil langkah hukum melaporkan mantan asistennya itu ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Mgdalenaf juga sudah membagikan bagaimana akibat dari ulah Gita dalam Instagram Story miliknya. Tidak hanya merugikan dirinya, tapi juga tim Mgdalenaf lainnya yang terkena imbas menyelesaikan masalah yang dibuat oleh Gita.

(pig/pus)