Christian Sugiono Ketahuan Suka Bantu Titi Kamal Masak, Ini Alasannya

Erika Dyah - detikHot
Selasa, 31 Agu 2021 14:08 WIB
heinz abc
Foto: heinz abc
Jakarta -

Nama pasangan selebritis Christian Sugiono dan Titi Kamal tentu sudah tak asing lagi di telinga. Keduanya terkenal sebagai pasangan harmonis dan memiliki chemistry yang baik dalam membangun keluarga. Bahkan, Christian diketahui suka membantu Titi masak di dapur, lho.

Memasak jadi salah satu cara Christian menunjukkan support-nya kepada Titi dalam keluarga. Ia pun tidak takut dengan anggapan bahwa memasak adalah aktivitas yang hanya diperuntukkan bagi perempuan.

Ternyata, kegiatan yang sering dilakukan Christian ini juga sejalan dengan komitmen Kecap ABC mendukung kesetaraan gender di Indonesia. Christian dan Titi juga turut mendukung suami dan istri di Indonesia untuk masak bersama dengan mempromosikan hashtag #SuamiIstriMasak di media sosial.

Sebagaimana diketahui, pemahaman soal kesetaraan gender di tengah masyarakat sangat penting untuk dilakukan. Salah satu caranya dengan memulai pemahaman tersebut dari keluarga agar bisa ditularkan ke luar rumah.

Di era modern ini, urusan rumah tangga juga sudah sepatutnya dilakukan bersama baik oleh perempuan maupun laki-laki. Sebab, laki-laki mengurus rumah tangga bukan lagi menjadi hal yang tabu.

Meski demikian, masih banyak ditemui gambaran stereotip dan pemikiran bahwa urusan rumah tangga, termasuk memasak dan urusan dapur, hanya boleh dipegang kaum perempuan. Misalnya, dalam kisah Adit yang gemar membuat video memasak untuk konten Instagramnya.

Saat sedang merekam video, ayah Adit memergoki aktivitas anaknya dan langsung memintanya berhenti merekam dengan alasan memasak adalah urusan perempuan. Padahal, Adit sendiri sudah memiliki sapaan 'The Little Chef' karena kemampuannya.

Masalah pun melebar ketika sang Ayah memanggil istrinya untuk dimintai penjelasan soal anak laki-lakinya yang dibiarkan memiliki hobi memasak dan memaksakan pendiriannya bahwa laki-laki pantang memasak. Di sisi lain, sang Ibu justru merasa tak masalah dengan hobi anaknya. Bahkan mengungkap persoalannya dalam mengurusi keluarga dari pagi hingga malam yang masih harus disertai usaha membantu keluarga untuk mendapat pemasukan tambahan.

Menilik gambaran tersebut, Kecap ABC pun berupaya untuk secara berkelanjutan terus mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kesetaraan gender lewat pengaplikasikan kesetaraan gender yang bisa dimulai dari dapur. Dalam memperingati Hari Kesetaraan Perempuan, Kecap ABC juga meluncurkan kampanye #SuamiIstriMasak sebagai salah satu edukasi kesetaraan gender.

Tak hanya ditujukan untuk suami, edukasi ini juga ditujukan kepada anak laki-laki dalam keluarga agar nantinya bisa menjadi suami yang sadar akan kesetaraan gender. Pendidikan kesetaraan gender dinilai perlu untuk dimulai dari keluarga, sebagai kesatuan masyarakat terkecil yang merupakan inti dan sendi-sendi masyarakat.

Selain itu, pemahaman akan kesetaraan gender dalam keluarga juga dinilai berperan dalam menentukan perspektif dan membuka kesetaraan bagi laki-laki dan perempuan secara lebih strategis.

"Heinz ABC percaya bahwa penting untuk mendidik dan mendorong generasi muda demi memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender, yang akan menjadi salah satu modal besar mereka ketika mereka mulai membangun keluarga sendiri di masa depan," jelas Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG, Mira Buanawati dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021).

Sebagai informasi, PT Heinz ABC Indonesia melalui Kecap ABC meluncurkan berbagai program untuk mendukung laki-laki bisa membantu perempuan dalam keluarga sejak 2018 lalu. Dalam program ini, Kecap ABC menyediakan wadah online untuk mendukung suami masak, menggelar program Koki Muda Sejati, juga bekerja sama dengan platform belajar online untuk mengajarkan kesetaraan gender kepada generasi muda.



Simak Video "Sate Taichan Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)