Uki eks NOAH Cerita Pencarian Keyakinan Musik Haram

Mauludi Rismoyo - detikHot
Selasa, 24 Agu 2021 16:20 WIB
Uki dan Metha Yuna
Uki eks NOAH Cerita Pencarian Keyakinan Musik Haram. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Uki eks NOAH mempunyai keyakinan bahwa musik haram. Ia kini menceritakan soal pencarian dan perjalanan menemukan pandangan tersebut.

Di Channel YouTube Syafiq Riza Basalamah, Uki eks NOAH meyakini musik haram usai mempelajari selama tiga tahun. Ia mengaku mulanya bertentangan dengan pernyataan mengenai musik tersebut.

"Pengalaman seperti yang tadi ustaz bilang waktu ana ke Jember juga mencoba untuk bersikap adil terhadap diri sendiri pengin dengar pendapat daripada ulama yang mengharamkan dan menghalalkan. Karena selama tiga tahun tuh memang mencari pembenaran terus tentang halalnya musik," tutur Uki dalam video.

Namun Uki Kautsar merasa pandangan ustaz soal musik halal bertabrakan dengan logika. Ia merasa aneh saat ada yang menyebut burung adalah contoh alat musik.

"Tapi setiap mencari apa yang mereka halalkan tuh selalu bertabrakan dengan logika. Dalam arti ketika mereka banyak pendapatnya contohnya burung itu adalah alat musik, dan segala macam, tapi kita sebagai musisi kalau ke toko musik kita nggak cari burung. Secara logika kita musisi dan penjual alat musik pun banyak yang nggak masuk," kata Uki.

Meski begitu, dulu Uki eks NOAH masih menerima pemahaman soal musik halal. Dan ia pun masih melanjutkan kariernya sebagai anak band.

"Jadi kita pada akhirnya musisi menjatuhkan argumentasi mereka yang menghalalkan musik tuh seolah-olah ini kayaknya nggak gitu deh. Bahkan ana sendiri sempat dengar ya boleh kalau musik kata-katanya baik. Sedangkan saya sendiri sebagai musisi pada saat itu sedang bikin album instrumental, nggak ada liriknya, mau nanya gimana," ujar Uki.

Di sisi lain, Uki Kautsar tetap berdoa ke Tuhan untuk menemukan pembenaran terkait musik. Ketika proses pencarian, ia mengaku menempatkan dirinya sebagai orang yang netral.

"Jadi pada akhirnya bersifat adil kayaknya saya harus, jangan memandang diri saya sebagai musisi ya, karena kalau saya memandang diri saya sebagai musisi nggak obyektif ya karena kita akan selalu mencari pembenaran, jadi menempatkan diri sebagai yang netral sambil mencari dan berdoa sama Allah untuk mencari mana yang haq, mana yang batil," tutur Uki.

Sampai akhirnya Uki eks NOAH mendapat pencerahan. Ia kini meyakini bahwa musik haram.

"Alhamdulillah seiring berjalan ketemu Ustaz Syafiq, dia juga memberi penjelasannya banyak sekali. Pada saat itu sudah nggak ada ruang penolakan, sudah tinggal sekarang mau gimana kamu hasil dari apa yang kamu cari. Bagi saya sudah tak terbantahkan," kata Uki.

Uki Kautsar pun menyadari pemahamannya soal musik haram jadi kontroversi. Melihat banyak yang membantah terkait musik tak halal, ia rupanya jadi teringat dirinya yang dulu.

"Kalau baca komen orang-orang tentang musik, ya itulah saya dulu. Membantah-membantah dulu, pada akhirnya sudah terbantahkan semuanya seiring berjalannya waktu," pungkasnya.

(mau/nu2)