Bill Gates dan Melinda Resmi Cerai, Hartanya Bagaimana?

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 04 Agu 2021 10:08 WIB
SUN VALLEY, ID - JULY 11:  Billionaire Bill Gates, chairman and founder of Microsoft Corp., and his wife Melinda attend the Allen & Company Sun Valley Conference on July 11, 2015 in Sun Valley, Idaho. Many of the worlds wealthiest and most powerful business people from media, finance, and technology attend the annual week-long conference which is in its 33rd year.  (Photo by Scott Olson/Getty Images)
Bill Gates dan Melinda Resmi Cerai, Hartanya Bagaimana? (Foto: Scott Olson/Getty Images)
Jakarta -

Bill Gates dan Melinda French resmi bercerai setelah Pengadilan Tinggi King County di Seattle, Amerika Serikat, menjatuhkan putusan pada Senin (2/8/2021). Putusan tersebut dijatuhkan setelah adanya gugatan pada 3 Mei 2021.

Hingga cerai, Bill Gates dan Melinda French sudah membina rumah tangga selama 27 tahun. Dari hubungan itu, mereka sudah dikaruniai tiga orang anak.

Meski memutuskan untuk berpisah, Bill Gates dan Melinda French sepakat untuk melanjutkan pekerjaan filantropi bersama. Mereka juga sepakat atas pembagian aset perkawinan.

Sayangnya, sejauh ini tidak ada rincian dari perjanjian tersebut. Pengadilan juga tidak memberikan putusan mengenai harta bersama Bill Gates dan Melinda French.

"Pengadilan tidak mengeluarkan keputusan mengenai uang, properti atau keputusan dukungan pasangan dalam perceraian," tulis Reuters, dikutip Rabu (4/8/2021).

Setelah bercerai dari Bill Gates, Melinda French disebut mendapatkan saham perusahaan sekitar USD 2,4 miliar atau Rp 34,428 triliun.

Harta gono-gini keduanya mencapai US$ 130,5 miliar atau sekitar Rp 1.884 triliun. Sedangkan Melinda memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 70 miliar atau Rp 1 triliun lebih.

Forbes menaksir kekayaan Melinda sekitar US$ 3,2 miliar atau sekitar Rp 46,4 triliun. Angka tersebut membuat Melinda menjadi salah satu janda dengan harta terbanyak di dunia.

Sejauh ini, Bill & Melinda Gates Foundation yang berbasis di Seattle menjadi salah satu yang paling berpengaruh untuk kesehatan global. Yayasan itu sudah menggelontorkan USD 50 miliar atau Rp 716 triliun selama dua dekade terakhir untuk membawa pendekatan bisnis dalam memerangi kemiskinan dan penyakit.

Keluarga Gates juga mendukung program pemberantasan malaria dan polio, nutrisi anak dan vaksin. Yayasan tahun lalu berkomitmen memberikan dana sekitar US$ 1,75 miliar atau Rp 2,5 triliun untuk bantuan COVID-19.

(dar/nu2)