Lagi! Doni Salmanan Donasi Rp 830 Juta Hasil Lelang Motor Untuk Warga Terdampak Corona

Whisnu Pradana - detikHot
Rabu, 04 Agu 2021 08:40 WIB
doni salmanan
Lagi! Crazy Rich Doni Salmanan Donasikan Rp 830 Juta Untuk Warga Terdampak Corona. (Foto: whisnu pradana)
Bandung -

YouTuber Doni Salmanan melelang sepeda motor Yamaha R1M miliknya. Motor dengan kapasitas mesin 1.000 cc 4 silinder itu akhirnya laku dengan harga fantastis, yakni mencapai Rp 830 juta.

Pembelinya merupakan seorang YouTuber bernama Lanang Cikal Narendra. Menilik sejarahnya, Doni Salmanan membeli motor itu dalam kondisi bekas pakai pada tahun 2018 silam seharga Rp 730 juta.

Doni yang juga merupakan pengusaha asal Soreang, Kabupaten Bandung itu menyumbangkan semua uang hasil lelang kuda besi kesayangannya. Ia melimpahkannya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya melelang motor Yamaha R1M punya saya seharga Rp 830 juta, dan semuanya saya donasikan," ungkap Doni Salmanan saat ditemui di Padalarang, Bandung Barat.

Doni berkisah alasan ia rela melelang sepeda motor pribadinya itu murni karena kepeduliannya pada masyarakat yang tengah kesulitan diterjang pandemi selama 1,5 tahun belakangan. Ditambah sejumlah kebijakan yang diterapkan pemerintah, seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga PPKM Level 3-4.

Bantuan yang disiapkan crazy rich Soreang itu kali ini dalam bentuk kebutuhan pokok masyarakat. Total ada tiga truk box yang disiapkan Doni untuk mengangkut bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Atas dasar memang ingin membantu sesama. Karena saat ini pemerintah sedang mengadakan PPKM dan ekonomi warga menurun. Saya yang punya penghasilan ingin membantu dengan cara berbagi seperti ini," kata Doni.

Sebelum donasi yang dilakukan kali ini, saat awal penerapan PPKM Darurat 3-20 Juli lalu, ia juga sempat membagi-bagikan uang jutaan rupiah pada pengendara di jalanan Kota Bandung. Aksinya yang direkam dalam video dan diunggah ke akun media sosial miliknya viral hingga mengundang bermacam reaksi netizen.

Ternyata apa yang dilakukannya kala itu juga akan kembali dilakukannya. Doni mengaku akan tetap membagi-bagikan uang kepada pengendara di jalanan sebagai representasi kepeduliannya pada sesama, tapi dengan caranya sendiri.

"Setiap minggu saya selalu melakukan hal seperti itu (bagi-bagi uang kepada pengendara), tapi ada yang diekspos dan tidak. Saya ingin kasih contoh untuk anak bikers lainnya. Ayo kita sama-sama bantu masyarakat yang terdampak PPKM dan pandemi COVID-19 ini," pungkas Doni.

Simak juga video 'Kenali Doni Salmanan, Pria yang Sawer Reza Arap Rp 1 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(mau/mau)