Ustaz Solmed Ikut Komentar soal Musik yang Disebut Haram

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 14:28 WIB
Ustaz Solmed dan April Jasmine saat ditemui di kawasan Trans TV.
Ustaz Solmed ikut komentar soal musik haram. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Pro dan kontra mengenai ucapan Uki, mantan personel band NOAH tentang musik haram masih berlanjut. Tak sedikit ustaz ikut memberikan tanggapan.

Seperti salah satu ustaz Tanah Air, Sholeh Mahmoed Nasution atau yang akrab disapa Ustaz Solmed. Suami April Jasmine ini ikut memberikan tanggapan mengenai ucapan Uki.

Kepada detikcom, Senin (2/8/2021) Ustaz Solmed menjelaskan perihal hukum musik bagi penikmatnya sejak dulu menang menuai pro dan kontra. Banyak yang menyebut haram, namun tak sedikit juga yang mendukung keberadaan musik karena dianggap bukan masalah.

"Ya persoalan nyanyian, musik, ini adalah persoalan yang sampai hari ini bahkan sampai hari kiamat ya, dan sejak dari dulu memang terdapat perbedaan pendapat," ujar Ustaz Solmed.

Bagi Ustaz Solmed setiap ajaran memiliki dalil masing-masing. Perbedaan itu memang sudah ada sejak lama.

Banyak orang mengatakan musik dianggap boleh-boleh saja karena dapat meningkatkan semangat, energi, hingga kecintaan terhadap sesama manusia atau yang Maha Kuasa.

Namun Ustaz Solmed juga menjelaskan, ada musik-musik yang diharamkan jika mengandung unsur ajakan untuk melakukan hal negatif.

"Itu semua memiliki dasar dan dalil masing-masing sehingga harus saling menghargai dan menghormati," tuturnya.

"Ada yang mengatakan bahwa musik itu sesuatu yang boleh-boleh saja. Ada yang mengatakan bahwa musik itu haram mutlak. Ada yang mengatakan musik itu haram tapi dengan catatan," lanjutnya lagi.

Mengenai kebenaran musik dikatakan haram atau tidak, bagi Ustaz Solmed kembali lagi pada ajaran setiap orang yang mengikutinya. Ajaran-ajaran tersebut memiliki dalil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dilanjutkan Ustaz Solmed lagi, beberapa sahabat Nabi di dalam ajaran Islam bahkan menghalalkan musik.

"Semua kembali kepada siapa yang diikuti, ulama mana yang menjadi pegangan, dan intinya semua pendapat memiliki dasar, memiliki dalil yang bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Ustaz Solmed.

"Bahkan beberapa sahabat Nabi ya banyak menghalalkan musik," lanjutnya.

Tonton video 'Blak-blakan Gus Muwafiq, Negara Bisa Kalahkan Perintah Tuhan':

[Gambas:Video 20detik]



(pig/wes)