Intip Kisah Sneakerhead Mulia Isser 'Whitey' James

Khansa Mareta - detikHot
Kamis, 15 Jul 2021 14:30 WIB
Sneakershead Mulia Isser ‘Whitey’ James
Foto: CXO Media
Jakarta -

Streetwear di Indonesia terkenal dengan harganya yang mahal dan hanya bisa digunakan oleh suatu kalangan tertentu. Namun menurut Isser 'Whitey' James, seorang sneakerhead asal Indonesia, streetwear adalah tentang attitude tidak perlu harga mahal dan brand terkenal untuk berpakaian streetwear, karena harga bukanlah patokan.

Isser James atau yang biasa kita kenal dengan Isser 'Whitey' James mulai tertarik dengan sneakers saat ia bermain basket dengan posisi freestyler pada tahun 2004.

Pada saat itu belum ada kompetisi streetball namun Isser sering diundang ke beberapa sekolah, lalu pada tahun 2005 kompetisi LA Streetball muncul Isser masih meraba kompetisi ini dan di tahun setelahnya Isser akhirnya mengikuti kompetisi LA Streetball sampai di tahun 2012.

Ketertarikan Isser pada sepatu daripada pakaian karena menurutnya pakaian lebih mudah untuk kita buat sendiri, sedangkan membuat sepatu adalah hal yang sulit.

Saat ini menurutnya batik adalah salah satu material yang dapat di eksplor lebih. Melihat batik untuk wanita dengan banyak model berpakaian, namun batik untuk pria yang terlihat bagus hanyalah dengan model kemeja saja.

Isser pun berharap ke depannya brand mulai berani untuk mendesain baju dengan kain-kain tradisional Indonesia.

Kesibukan Isser sejak awal tahun 2021 ini yaitu ia sibuk menjadi creative person untuk beberapa local brand dan juga memiliki project kemanusiaan bernama 1000 Sepatu. Isser akan mendesain sebuah sepatu lalu akan dibagikan kepada 1000 orang secara gratis.

Program ini difokuskan kepada anak jalanan dan orang-orang yang tidak mempunyai alas kaki. Project ini akan berdampingan dengan pembagian buku pelajaran kepada anak-anak jalanan.

Menurut Isser, ada hal yang jauh lebih penting daripada mempunyai baju & sepatu mahal, yaitu lebih baik uang tersebut dijadikan sebuah usaha supaya dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain dan memberi impact yang baik bagi orang lain.

Untuk tayangan menarik mengenai fashion, I MADE ME adalah program baru yang dinaungi oleh CXO Media, tayang setiap hari rabu di jam 18:00.

(ads/ads)