Mau Pulang 2 Minggu Lalu, Pesan Mbak You: Juli Jangan ke Mana-mana

Yudha Maulana - detikHot
Jumat, 02 Jul 2021 10:07 WIB
Suasana kediaman Mbak You di Bandung jelang pemakaman
Mau Pulang 2 Minggu Lalu, Pesan Mbak You: Juli Jangan ke Mana-mana (Foto: Yudha Maulana/detikHOT)
Bandung -

Kepergian Euis Juwariyah Johana atau yang populer dikenal sebagai Mbak You meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi keluarga. Wanita kelahiran Salatiga, Jawa Tengah itu menitipkan dua pesan sarat makna kepada keluarga sebelum berpulang.

Salah seorang keponakan Mbak You, Arif mengungkapkan pesan pertama ialah meminta agar keluarga tetap rukun. Kata-kata itu diucapkan Mbak You sekitar dua pekan sebelum meninggal dunia, Kamis (1/7/20210) siang.

"Kemarin terakhir ketemu sama saya, ada suatu firasat yang kayaknya sebentar lagi dia mau meninggal. Pesannya ke keluarga agar rukun jangan ada apa-apa, kemudian (pesannya yang kedua) minta agar bulan Juli keluarga jangan kemana-mana," ujar Arif saat ditemui detikcom, Jumat (2/7/2021).

Di mata keluarga Mbak You merupakan sosok yang gemar menolong. Meskipun berada di puncak popularitas, hal itu tak membuat Mbak You angkuh. "Keluarga juga kalau mau apa-apa ke Mbak You. Orangnya memang sangat suka menolong dan tidak sombong, baik ke keluarga," tutur Arif.Arif mengatakan, saat akan ditanya mau pergi kemana. Mbak You tak memberikan jawaban yang pasti. "Saya mau pulang, katanya begitu. Ditanya mau pulang kemana, dia tidak menjawab," tutur Arif.

Almarhum dibawa ke Pondok Kejawen Mbak You di Sindanglaya, Arcamanik, Kota Bandung pada Kamis malam. Usai disalatkan di masjid terdekat, Mbak You dimakamkan di pemakaman keluarga yang tak jauh dari kediamannya.

Pantauan detikcom, karangan bunga menghiasi depan rumah Mbak You di Bandung. Terpajang juga foto almarhum ketika masih hidup. Keluarga dan kerabat terpantau mulai mendatangi rumah duka sejak pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya Mbak You meninggal dunia. Ia berpulang setelah dilarikan ke Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan.

Dari foto yang diterima detikcom, Kamis (1/7/2021), rumah Mbak You yang terletak di kawasan Bintaro terlihat didatangi oleh petugas ber-APD. Petugas tersebut datang menggunakan mobil ambulans.

Petugas ber-APD itu juga terlihat berbincang dengan beberapa warga sekitar. Petugas itu diduga menjemput Mbak You untuk dilarikan ke Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang

(yum/dar)