Oki Setiana Dewi Berharap Perempuan Bisa Mandiri Secara Finansial

Tim detikcom - detikHot
Senin, 31 Mei 2021 12:49 WIB
Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi Berharap Perempuan Bisa Mandiri Secara Finansial (Foto: Instagram)
Jakarta -

Oki Setiana Dewi sadar banyak perempuan yang masih punya kegalauan mengenai finansial. Menurutnya hal itu tidak boleh terjadi untuk perempuan masa kini.

"Saya sering menemui para wanita yang kesulitan finansial. Memang, wanita bukan tulang punggung keluarga, namun kenyataannya ujian-ujian kehidupan membuat para perempuan juga sebaiknya memiliki penghasilan sendiri," kata Oki Setiana Dewi di Instagramnya, baru-baru ini.

Ia menyebut akhirnya banyak perempuan yang kebingungan ketika tulang punggung keluarga yang menjadi andalannya tidak lagi bisa mencari uang.

"Dalam perjalanan hidup, terkadang mau tidak mau perempuan dihadapkan pada situasi, ayah atau suami sakit atau kena PHK. Ia harus berpikir untuk selain menghidupi diri juga suami. Itulah mengapa perempuan harus bisa berdikari secara mandiri secara finansial," papar Oki Setiana Dewi.

Hal itu kemudian menjadi landasan Oki Setian Dewi membuat sebuah komunitas bernama Sahabat Khadeejah. Ia menyebut komunitas itu berdiri karena teringat semangat dari istri Nabi Muhammad, Khadeejah, yang juga seorang perempuan yang memiliki bisnis.

"Dengan adanya kemapanan finansial, seorang perempuan jadi bisa berderma, bersedekah untuk orang lain," singkat Oki Setiana Dewi.

Kakak dari YouTuber Ria Ricis itu sadar jika ilmu soal bisnis tidak murah. Oleh karena itu, ia berharap komunitas yang dibentuknya bisa menjadi jalan keluar dari masalah itu.

"Saya bukan orang yg ahli. Saya masih perlu banyak belajar. Saya tau banyak sahabat-sahabat saya di luar sana mengeluarkan uang jutaan rupiah demi mengikuti kelas-kelas bisnis," ucapnya.

"Kalau ada komunitasnya, guru-guru ahli dikumpulkan di dalamnya tentu akan sangat memudahkan kita mengambil ilmunya lalu jadilah kita perlahan menjadi pedagang handal. Di Sahabat Khadeejah ini nanti hanya membayar Rp 99 ribu, dapat pelatihan seterusnya. Seminggu sekali webnar, dilatih mentor berpengalaman. diberikan modul jadi pedagang ysng sukses," tutup Oki Setiana Dewi.

(dar/dar)