Cita Citata Idap Autoimun, Gejala Awal Sering Muncul Bercak Merah

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 19 Mei 2021 17:50 WIB
Cita Citata
Cita Citata ternyata idap autoimun Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Cita Citata menceritakan kondisinya yang didiagnosis mengidap autoimun. Beberapa waktu lalu, Cita Citata juga pernah mengunggah foto wajahnya yang mengalami bercak-bercak merah.

Cita Citata pun menceritakan kondisi dirinya yang sudah didiagnosis mengidap autoimun. Saat ini Cita Citata pun tengah menjalani terapi.

"Kemarin sempat ada diagnosis kena autoimun. Terus aku lagi terapi juga, setahun ini aku lagi terapi diakupuntur," cerita Cita Citata di kawasan Persari, Jakarta Selatan.

Setelah menjalani akupuntur, Cita Citata mengaku kondisinya semakin membaik. Sebelumnya, Cita Citata juga sudah melakukan pengobatan ke luar negeri.

"Sangat membaik, sangat membaik, karena aku kurangin vitamin aku nggak punya vitamin kimia adanya herbal," katanya.

Ternyata, bercak merah yang pernah muncul di wajah Cita Citata disebabkan olehnya salah satu gejala autoimun. Saat itu dirinya menduga bercak merah itu muncul karena efek pembengkakan amandel.

"Kadang aku merah-merah, teman-teman atau orang-orang pernah lihat aku merah-merah itu sebenarnya salah satu gejala autoimun. Aku sudah pernah (berobat) ke Singapura, ke Malaysia dan ngomongnya tuh alergi," jelas Cita Citata.

"Pas cek darah sel darah putihnya terlalu banyak," tegasnya.

Saat itu, Cita Citata menceritakan dirinya mengalami streptococcus tonsillitis atau pembengkakan amandel. Wajah Cita Cita pun terlihat dipenuhi bercak merah.

Bahkan, suhu tubuh Cita Citata sempat mencapai 39 derajat celcius. Itu membuat Cita Citata panik terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Corona.

"Tahun ke tahun aku mulai bodo amat dan kalau ada orang yang nanya "ko itu merah2?" "ya ampun kenapa kamu?" udah ngga aku pedulikan, jawabannya cuma "alergi". Tepat akhir bulan lalu badanku mulai meriang, panas ngga turun sampai 39Celcius .. aku mulai panik karna lagi ada virus corona ini .. lalu aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosa sakit "Streptococcus tonsillitis" adalah pembengkakan amandel. dokter menyarankanku untuk melakukan operasi pengangkatan. carilah aku jadwal karna after operasi aku pasti harus bedrest dan cuti," cerita Cita Citata saat itu.



Simak Video "Kisah Cita Citata 5 Tahun Idap Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)