Respons Keluarga Dengar Umi Pipik Dipoligami Uje

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 15 Mei 2021 14:01 WIB
Umi Pipik kenang Rina Gunawan
Foto: Febri/detikHOT
Jakarta -

Kabar mendingan Ustaz Jefri Al Buchori melakukan poligami mengejutkan banyak orang. Hal itu bahkan baru dibuka Pipik Dian Irawati sebagai istri pertamanya setelah 8 tahun kepergian suaminya.

Menurut wanita yang akrab disapa Umi Pipik tersebut keluarganya sudah mengetahui hal ini sejak lama. Namun kabar itu pun baru diceritakannya setelah Uje meninggal dunia.

Meski kaget, keluarga Umi Pipik disebut menerima keputusan itu. Ibu dari Abidzar tersebut mengatakan keluarganya memang tidak pernah mau mencampuri urusan pribadinya.

"Kalau keluarga saya santai sih ya karena saya yang menjalani jadi mereka nggak pernah ikut campur urusan saya," aku Umi Pipik dalam tayangan !nserthilite.

Umi Pipik juga mengatakan respons yang sama juga ditampilkan anak-anak kandungnya. Ia pun memberikan pemahaman ke buah hatinya tersebut.

"Anak-anak juga ya biasa saja. Karena gini, saya kuatkan tauhid anak-anak saya, ayah kamu bukan milik kamu, milik umat. Karena dulu saya hampir 24 jam sama anak-anak saya, kalau Uje kan dari pagi sampai malam dakwah terus," ujar Umi Pipik.

"Saya kuatkan ke anak-anak saya, ayah kamu punya umat dan punya Allah, bukan punya kita. Kamu pun punya Allah, bukan punya Umi. Suatu saat Allah mau ambil kalian, mau ambil Umi ya silakan saja. Semua akan pergi," lanjutnya.

Sebelumnya, Umi Pipik juga mengatakan dirinya tidak masalah jika Uje memiliki istri lebih dari satu. Menurutnya hal itu adalah hak suaminya jika merasa mampu.

"Untuk urusan poligami itu juga haknya laki-laki, yang mampu, yang paham agama, yang baik-baik saja. Mereka mengerti, Abidzar mengerti," kata Umi Pipik.

Umi Pipik menjelaskan dirinya menerima keputusan Uje saat ingin menikah lagi. Diketahui sebelum meninggal dai kondang itu punya tiga istri.

Menurut Umi Pipik poligami memang diizinkan di ajaran agamanya. Ia mengaku menghormati hukum dari agama tersebut.

"Kalau saya menolak tapi kan itu hukum dari Allah ya. Allah menciptakan hukum itu karena Allah tahu daripada manusia berzina dan itu haknya laki-laki saya nggak masalah, asal semuanya baik," ungkap Umi Pipik.



Simak Video "Idap Kelenjar Getah Bening, Umi Pipik Ungkap Kondisinya Membaik"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dal)