Curahan Hati Umi Pipik Soal 8 Tahun Jadi Single Parent

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 14 Mei 2021 06:00 WIB
Umi Pipik dan Abidzar
(Foto: Instagram @_ummi_pipik_) Dalam perayaan Lebaran 2021 ini, Umi Pipik menuliskan curhatannya dalam sebuah unggahan Instagram.
Jakarta -

Delapan tahun sudah kehidupan Pipik Dian Irawati dan anak-anaknya tidak ditemani oleh sosok Uje. Selama delapan tahun itu pula Umi Pipik menjadi orang tua tunggal.

Dalam perayaan Lebaran 2021 ini, Umi Pipik menuliskan curhatannya dalam sebuah unggahan Instagram. Tampak dalam beberapa foto tersebut keakraban dirinya dengan anak-anak hasil pernikahan Pipik dengan Uje.

Yang lucu, di foto pertama menampilkan Abidzar, Adiba Khanza, dan kedua adiknya masih kanak-kanak, berdiri di belakang sang bunda lalu difoto. Di tahun 2021 ini mereka menirukan lagi gaya serupa, namun dalam usia yang sudah lebih besar.

"Slide pertama masih imut, slide kedua gak bisa sama gayanya," tulis Pipik dengan diikuti emoji tertawa.

Bersamaan dengan kelucuan foto tersebut terselip doa dan curahan hati seorang istri yang ditinggal suaminya. Dalam tulisannya, Pipik Dian Irawati mengisahkan perannya sebagai ibu sekaligus ayah buat keempat anak-anaknya.

Pipik juga menekankan bagaimana dia selalu berusaha mendidik anak-anaknya secara agama. Di saat yang sama juga mengerti karakter masing-masing anak agar bisa menjadi ibu sekaligus ayah di saat yang sama.

"2013. Saat itulah dimulainya ummi berperan ganda. Membesarkan, merawat, mendidik agama kalian, mencari nafkah, mengajarkan hal-hal yang baik, memahami karakter kalian untuk mampu menjadi Ayah dan Ibu untuk kalian. Sampai sekarang kalian sudah besar, tugas ummi belum selesai untuk terus mendidik kalian belajar terus, taat, dan taat lagi kepada Allah ta'ala," tulis PIpik Dian Irawati.

"Membimbing kalian untuk terus belajar menjadi saleh di hadapan Allah ta'ala tanpa merasa lebih saleh dari yang lain. Membimbing untuk mempunyai akhlak yang baik tanpa merasa lebih baik dari orang lain. Perjalanan yang penuh ibroh, suka, duka, senang, bahagia, dilalui bersama. Tak akan ada keluh sekalipun lelah tapi kebahagiaan itu bersama kalian," lanjut Pipik Dian Irawati.

Di akhir tulisannya, Umi Pipik mengingatkan bahwa apa yang dimilikinya beserta anak-anaknya bersifat tidak abadi. Dia juga tidak lupa mengingatkan untuk bersyukur.

"Dan ternyata semua hanya sementara. Susah sementara, bahagia sementara, sedih sementara, karena semua yang abadi adanya di surgaNya. Yang terpenting untuk menjadi yang Allah sukai, itu cukup. Lebihkan rasa syukut dan sabar kita dalam segala ketetapanNya. Semoga Allah ta'a;a mencintai dan melindungi kita," tutup Pipik Dian Irawati.

Unggahan dan tulisan panjang Pipik membuat tidak sedikit netizen menjadi tersentuh dan terharu. Komentar-komentar positif pun datang buat Pipik dan anak-anaknya.

Di Lebaran tahun ini, Pipik Dian Irawati bisa merayakan hari raya bersama keempat anaknya. Di akhir Ramadhan kemarin, Umi Pipik sempat bikin heboh lewat pengakuannya bahwa selama ini Uje ternyata poligami.

(aay/mau)